Fitur Augmented Reality Apple mengalahkan Google AR

113
Apple Augmented Reality

iterasi.id – Perusahan multinasional Apple baru-baru ini mengeluarkan sebuah teknologi Augmented Reality yang tersedia untuk perangkat Apple device yang berjalan pada iOS 11. Apple sering kali diketahui membuat sebuah teknologi yang sudah ada menjadi sebuah teknologi mainstream yang mendapat sukses besar di pasaran, seperti finger print scanner dan contactless payment.

Pada tahun ini agenda apple tidak lain adalah teknologi Augmented Reality, sebuah teknologi yang menggabungkan objek digital kedalam sebuah live video. Sebuah teknologi yang sejak lama sudah dikembangkan oleh Google, Microsoft dan banyak perusahaan teknologi lainnya. Bedanya pada ARKit di iOS 11, Apple sudah menandakan bahwa akan membawa AR(Augmented Reality) kepada pasar mainstream lebih baik dan cepat dari perusahaan teknologi lainnya.

Masalah dasar pada penggunaan augmented reality selalu dan tidak lain adalah masalah teknis, dimana pada tahun 2009 apple juga sudah menyediakan aplikasi seperti Layar. Tapi tidak mendapatkan banyak pengguna, atau yang lebih baik seperti Tango project dari Google yang membutuhkan perangkat besar seperti phablet untuk dapat menjalankannya. Saat ini apple menggabungkan kenyamanan penggunaan perangkan ponsel dengan sebuah teknologi augmented reality profesional.

Terlihat dari aplikasi pengukur panjang di atas simple dan sangat jelas penggunaan AR untuk mengukur panjang sebuah objek. Google Tango phone juga dapat dengan mudah melakukan hal tersebut dengan menggunakan ruang tiga dimensi, tetapi membutuhkan spesial yang dikembangkan oleh Google, sedangkan ARKit besutan apple hanya membutuhkan perangkat Apple yang menjalankan sistem operasi iOS terbaru. Pada WWDC awal bulan ini Craig Frederighi mengatakan bahwa ARKit merupakan sebuah AR Platform terbesar di Dunia, dan ternyata itu memang benar.