8 Tips Menjaga Kesehatan Lansia

83
Menjaga Kesehatan Lansia

Kesehatan lansia menjadi salah satu sorotan bagi dunia kesehatan. Saat usia bertambah hingga menjadi lanjut, kondisi tubuh menurun. Agar sehat lansia tetap terjaga dengan baik, para lansia harus mengikuti budaya hidup sehat. Berikut ini adalah tips hidup sehat bagi lansia.

Apa saja tips untuk selalu bisa menjaga kebugaran dan kesehatan lansia?

  1. Makan teratur dengan asupan nutrisi yang cukup demi kesehatan lansia.

Saat usia lanjut, disarankan untuk mengikuti pola makan sederhana yang teratur setiap hal dengan lebih banyak gizi, karbohidrat komplek, dan buah-buahan yang manis.

  1. Menjauhi makanan dan minuman berlemak tinggi, bergula tinggi, dan berpengawet.

Lemak tinggi seperti lemak daging dan juga santan bisa menyebabkan kolesterol tinggi. Disarankan untuk mengkonsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun dan kedelai. Batasi asupan gula untuk menghindari diabetes. Selanjutnya, jauhi pengawet karena tidak baik untuk tubuh dan kesehatan lansia.

  1. Berolahraga ringan dengan teratur

Berolahraga dibutuhkan agar tubuh tidak kaku dan menstimulasi organ agar bekerja dengan baik. Olahraga yang disarankan untuk lansia adalah olahraga ringan seperti jalan kaki dan peregangan.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat sangat dibutuhkan agar organ-organ tubuh tidak terlalu lelah dan timbul masalah. Oleh karena itu, segeralah istirahat saat merasa lelah dan tidur berkualitas setiap hari.

  1. Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti membantu dalam proses pembentukan vitamin D, menjaga kadar kolesterol, menyembuhkan tekanan tinggi, penyakit kulit, dll. Berjemurlah di bawah sinar matahari pagi yang hangat sekitar 15-30 menit setiap hari. Jangan berjemur di siang hari karena sinar ultravioletnya terlalu kuat.

  1. Mencari kegiatan sosial yang ringan dan menyenangkan hati

Usia lanjut Tetap Harus memiliki AKTIVITAS sosial agar TIDAK Bosan Dan stres. Oleh karena itu, isi hobi ringan yang tidak melelahkan. Selain itu, bisa juga bergabung dengan komunitas yang bisa berbagi hal-hal yang menyenangkan.

  1. Melatih otak

Untuk menghilangkan pikun, otak bisa dilatih dengan hal-hal ringan seperti mengisi teka-teki silang, membaca pengetahuan umum, atau permainan ringan yang sangat dibutuhkan otak dengan tidak berlebihan.

  1. Memeriksakan kesehatan secara teratur

Pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah, gula darah, dan kolesterol. Lebih baik lagi jika melakukan pemeriksaan pemeriksaan kesehatan lengkap, fisik, dan urin.