Cara Mengontrol Penyakit Diabetes

78

Diabetes merupakan penyakit yang cara penyembuhannya secara tuntas belum ditemukan. Penyakit ini kini menjadi masalah sosial karena jumlah penderitanya semakin banyak dan sebagian besarnya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itulah, pencegahan penyakit diabetes merupakan kebutuhan sosial karena mencegah jauh lebih baik daripada mengobati.

Kontrol Penyakit Diabetes Dari Sekarang

Bagi yang sudah terdiagnosis diabetes, cara mengontrol penyakit ini adalah mengatur pola hidup agar kadar gula darah tubuh berada dalam batasan normal, tidak lebih dan tidak kurang. Tips-tips yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut,

Diet Bagi Penderita Diabetes

Mengatur pola makan menjadi keharusan bagi penderita diabetes karena kadar gula darah sangat bergantung dari asupan makanan dan minuman. Waktu makan dan jenis makanannya harus diatur agar tidak terjadi peningkatan gula darah tinggi yang tiba-tiba dan sebaliknya, tidak terjadi penurunan gula darah terlalu rendah secara tiba-tiba pula.

Para penderita diabetes harus memiliki jadwal makan yang teratur dengan sistem 3 kali makan utama dan 2 kali cemilan diantara jam makan utama. Makan utama harus mengandung sedikit karbohidrat, rendah lemak, dan banyak sayuran. Cemilan sehat untuk diabetes adalah yang rendah gula dan rendah lemak seperti buah yang mengandung banyak air. Bisa juga dengan sepotong kecil ubi atau singkong yang direbus. Madu bisa digunakan sebagai pengganti gula, tetapi tetap harus dikontrol jumlahnya.

Mencegah Stress

Stress bisa memicu peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Oleh karena itu, penderita diabetes harus menghindari stress dengan banyak melakukan yang menyenangkan hati seperti hobi yang disukai. Stress juga bisa dicegah dengan olahraga ringan seperti peregangan yang dilakukan dengan pengaturan nafas. Lalu, stress juga bisa dikurangi dengan istirahat yang cukup, terutama tidur berkualitas di malam hari.

Menderita penyakit diabetes bukan berarti harus diam di rumah. Justru sebaiknya penderita diabetes tetap melakukan berbagai aktivitas sosial untuk mendapatkan rasa bahagia dan senang saat bertemu dengan banyak orang dan merasa masih berguna untuk lingkungan. Namun, tentunya aktivitas tersebut harus diatur supaya tidak terlalu melelahkan. Tetap harus ada waktu untuk istirahat yang cukup demi kesehatan.