Cara Mengirim File Dengan Bluetooth Lewat Iphone

223

Mengirim file dengan Bluetooth lewat iPhone bukanlah perkara mudah bagi pemiliknya. Hal ini disebabkan oleh fitur Bluetooth pada iPhone yang dirancang untuk tidak bisa digunakan mengirim dan menerima file dari alat lain, seperti Android maupun PC. Bluetooth hanya digunakan untuk menghubungkan iPhone dengan aksesoris seperti headset Bluetooth. Alasan pembatasan ini adalah masalah perlindungan hak cipta dan juga keamanan.

Apa yang Menjadi Solusi dari Pihak iPhone?

Pihak Apple yang telah menerima banyak sekali keluhan dari pengguna, akhirnya memberikan sedikit solusi melalui teknologi Airdrop yang membuat iPhone bisa mengirimkan file ke peralatan Apple. Perlu diperhatikan bahwa teknologi ini sangat terbatas pada alat-alat keluaran Apple saja seperti komputer MAC dan gadget iOS. Untuk menggunakan teknologi ini diperlukan data Apple ID dan Wi-Fi.

Jailbreak Menjadi Solusinya

Karena dirasa sangat menimbulkan masalah, maka beberapa ahli teknologi mencari cara untuk mengatasinya. Salah satu cara yang paling umum dilakukan adalah dengan melakukan jailbreak yaitu proses untuk menambahkan profil transfer ke settingan iPhone. Proses jailbreak ini hanya bisa dilakukan oleh ahli dan tentunya tidak bisa dilakukan di service center Apple. Jika dilakukan sembarangan, justru bisa merusak iPhone.

Selain itu, ada juga aplikasi yang diciptakan untuk membuat iPhone bisa melakukan proses kirim dan terima file dengan perangkat lain melalui Bluetooth. Namun, aplikasi ini biasanya memiliki kinerja yang terbatas atau membutuhkan iPhone yang telah di jailbreak agar bisa maksimal. Jadi, pada dasarnya harus tetap melakukan Jailbreak jika ingin mengirim dan menerima file dengan Bluetooth tanpa masalah.

Alternatif Bluetooth

Bluetooth memang menjadi salah satu fitur andalan dalam tukar menukar data antar gadget, namun jika Anda tidak ingin melakukan jailbreak, maka Anda bisa menggunakan alternatif pengiriman file lainnya.

Untuk pengiriman yang cepat dan mudah, Anda bisa mengirim file dengan menggunakan fitur instant messaging atau chat yang sekarang banyak digunakan pada smartphone. Untuk file-file besar yang sulit dikirim melalui chat, maka bisa menggunakan email sebagai alternatifnya. Email juga menjadi solusi terbaik untuk jenis-jenis file khusus yang tidak didukung oleh chat. Namun, perlu diingat bahwa chat maupun email membutuhkan koneksi internet.