Rokok Tembakau dan Vape Lebih Aman Mana?

68
Rokok Tembakau

Vape atau rokok elektrik saat ini menjadi trend tersendiri di kalangan kaum muda. Saat ini masyarakat penikmat vape semakin meningkat. Seperti pada informasi politik di televisi membuat banyak orang merasakan kenikmatan sensasi merokok, karena sampai sekarang rokok masih menjadi polemik. Kamu bisa melihat banyak kasus penyakit pada pengguna rokok yang bisa diakses dari gadget, bahkan saat ini perangkat rokok elektrik atau disebut vape sudah digunakan sebagai pengganti dari rokok berbahan tembakau.

Perbandingan Antara Vape dan Rokok Tembakau

Kehidupan sosial masyarakat kelas menengah ke bawah sering memanfaatkan rokok tembakau dibandingkan vape, tetapi seiring perkembangan zaman pengguna vape sendiri juga mengalami peningkatan. Banyak pertanyaan salah satunya mengenai perbandingan antara rokok berbahan tembakau dan vape manakah yang lebih menyehatkan?

Kita tahu dari jenis rokok berbahan tembakau sendiri banyak mengandung zat beracun yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahkan dari berbagai penelitian juga memperlihatkan kandungan racun dari sebatang rokok tembakau bisa memberi efek buruk terhadap kesehatan mulai dari kanker, impotensi, hingga gangguan janin. Itulah yang menjadi penyebab kenapa banyak orang beralih ke vape atau rokok elektrik.

Meskipun sudah menjadi budaya masyarakat bahwa ketika menghisap sebatang rokok tembakau maka semangat dan rasa stress bisa menghilang, tetap saja dari efek buruknya akan menyerang tubuh dalam jangka panjang. banyak penelitian memberi bukti bahwa rokok elektrik ternyata 10 kali lebih berbahaya dibandingkan rokok tembakau. Kandungan karsinogen dalam rokok elektrik bisa merusak DNA serta mencetuskan bibit kanker. Tidak hanya itu saja, dari efek berbahaya vape juga merambah ke kasus kematian anak akibat keracunan nikotin. Rata-rata pengguna vape akan mengalami banyak gangguan kesehatan mulai dari hipotensi, kejang-kejang, gagal jantung, hingga kasus meledaknya rokok elektrik di dalam mulut.

Jadi sampai sekarang tidak ada bukti ampuh dimana vape lebih aman dibandingkan rokok tembakau. Banyak studi sudah menjelaskan secara rinci dari efek buruk rokok dari  tembakau dan vape, meskipun kamu pernah melihat banyak jenis vape dalam dunia entertainment tetap saja dari efek buruknya bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jangan lupa resiko dari rokok tembakau dan vape juga menyambar pada perokok pasif bahkan dari jumlah asap vape bisa lebih banyak dibandingkan rokok tembakau. Jadi mulai sekarang kurangi atau hentikan kebiasaan merokok untuk mendapatkan kesehatan tubuh lebih baik