Xiaomi MiA1 Smartphone Android One Kolaborasi Xiaomi dan Google

293

Iterasi.id – Hari ini tanggal 5 September 2017, perusahaan asal negeri tirai bambu yakni Xiaomi resmi memperkenalkan lini terbaru ponsel pintarnya yang diberi nama Xiaomi MiA1. Xiaomi MiA1 ponsel pintar android one terbaru kolaborasi xiaomi dan google. Xiaomi dengan Google memang telah lama dikabarkan akan menggarap ponsel android one.

Spesifikasi Xiaomi MiA1

Bicara soal language design, Xiaomi MiA1 memang tak terkesan ponsel yang memiliki banyak perbedaan dengan kebanyakan ponsel saat ini. MiA1 membawa bodi berbahan metal dengan layar depan yang sedikit melengkung (2,5d curved glass) dengan ukuran layar 5,5 inch yang keseluruhan bodi perangkat yang mereka klaim cukup tipis. Untuk jeroannya Xiaomi MiA1 dibekali dengan ram 4gb dan internal storage sebesar 64 gb yang diotaki oleh prosesor Snapdragon 625 berteknologi 14nm octacore. Tak lupa sensor sidik jari juga disematkan di belakang bodi perangkat.

Hal yang menarik dari Xiaomi MiA1 adalah karena ia merupakan hasil kolaborasi pertama antara Google dan Xiaomi yang menggunakan sistem operasi android murni seperti lini Nexus dan Pixel yang juga dibesut oleh Google. Walaupun tidak memakai Miui (sistem antarmuka milik Xiaomi) yang terkenal akan kostumisasi seabreg. Namun pengguna masih mendapat fitur-fitur seperti Mi TV/Mi Box yang dapat digunakan sebagai remot teve, Air Conditioners (AC), Speaker, dan lain-lain.

Satu hal yang tak dapat dimungkiri dan menjadi daya tarik dari Xiaomi MiA1 adalah soal konfigurasi dual kamera yang dibawanya. Hal ini jelas menjadi salah satu daya jual yang baik untuk Xiaomi MiA1 karena terbilang merupakan sebuah tren baru ponsel pintar saat ini. Adapun besaran lensa yang disematkan ialah 12 Mp wide-lense + 12 Mp telephoto yang dapat menghasilkan 2× optical zoom dan 10× digital zoom.

Harga Xiaomi MiA1 Indonesia

Android One Xiaomi MiA1 sementara ini direncanakan untuk dijual di India pada tanggal 12 September 2017 nanti dengan harga 14,999 Rupee atau jika dikonversikan ke Rupiah sekitar 3,1 juta. Namun harga ini belum dapat dipastikan sebagai harga resmi untuk pasar Indonesia. Namun pihak Xiaomi sendiri mengatakan bahwa nantinya Xiaomi MiA1 akan dijual juga di Indonesia.