5 Tips Cara Belajar Coding Secara Otodidak

68
Belajar Coding

Belajar coding sebenarnya bisa dilakukan secara otodidak. Namun demikian, meski belajar secara otodidak, belajar dari orang yang lebih berpengalaman pastinya akan lebih memudahkan dalam proses belajar tersebut. Bila Anda tertarik tentang dunia pemrograman atau coding otodidak, berikut ini adalah cara 5 tips belajar coding otodidak yang mungkin bisa membantu Anda memudahkan dalam belajar pemrograman tersebut.

Berikut Tips Belajar Coding yang Mudah

  1. Pilih contoh program jadi yang kemudian dihilangkan beberapa kode-kode yang ada pada program tersebut. Kemungkinan besar program akan menjadi error. Namun, hal ini justru yang diharapkan. Melalui program error tersebut Anda bisa lebih mengerti arti kode-kode tersebut. banyak hal yang bisa dipelajari dari error tersebut namun hendaknya Anda juga bisa memperbaiki error tersebut nantinya.
  2. Content Management System (CMS) merupakan salah satu bagian yang perlu dipahami saat Anda ingin belajar tentang web programming. Anda bisa mengotak-atik CMS tersebut hingga Anda bisa lebih mengerti cara membuat website melalui CMS tersebut.
  3. Tips selanjutnya yang bisa membantu Anda dalam mempelajari coding secara otodidak adalah melalui buku. Anda bisa mengeluarkan sedikit modal untuk belanja buku-buku yang berkaitan dengan coding. Atau, bila Anda memang memiliki modal terbatas dan ingin sekali mempelajari coding atau wb programming, Anda bisa memilih untuk meminjam buku dari perpustakaan ataupun orang-orang yang lebih dahulu belajar  coding. Sebagai pemula, Anda sebaiknya memilih buku tentang coding yang bisa lebih mudah dipahami sehingga Anda akan lebih mudah dalam mempelajari tentang dunia pemrograman.
  4. Saat ini, Anda bisa memilih untuk mendapatkan banyak informasi dari berbagai sumber. Sumber informasi yang cukup luas dan terbesar di dunia adalah melalui googling. Anda bisa mempelajari banyak hal tentang dunia pemrograman melalui googling yang mudah dan praktis bahkan untuk pembelajaran tingkat pemula hingga ahli. Ini akan sangat membantu Anda belajar coding otodidak.
  5. Dan, tips yang terakhir ketika Anda ingin mempelajari tentang coding otodidak  maka Anda sebaiknya tak segan untuk bertanya kepada para ahli yang lebih berpengalaman dan memahami tentang coding atau pemrograman. Banyak orang ingin belajar coding atau pemrograman tetapi mereka sudah malu sendiri untuk bertanya. Padahal, dari bertanya itu, Anda akan mendapatkan banyak informasi yang lebih mudah Anda pahami termasuk tentang berbagai penjelasan yang mungkin kurang pahami selama Anda mencoba belajar sendiri dari berbagai sumber.

Demikian cara 5 tips belajar coding otodidak yang bisa Anda coba.