Cara Penulisan Daftar Pustaka Karya Ilmiah

Dasar Cara Penulisan Daftar Pustaka pada Karya Ilmiah

56
Karya Ilmiah

Dalam menulis karya ilmiah mulai dari makalah, skripsi, atau bahkan buku-buku non fiksi sangat penting untuk daftar pustaka. Istilah daftar pustaka ini sendiri juga dikenal dengan beberapa istilah seperti bibliografi, sumber rujukan, sumber referensi, dan referensi. Beberapa istilah yang muncul karena memang fungsi dari daftar pustaka itu sendiri adalah sebagai rujukan atau referensi yang digunakan dalam penulisan karya tulis karya tulis karya tulis ilmiah. Melalui daftar referensi, pembaca bisa mengetahui rujukan dan referensi yang digunakan penulis dalam tulisan ini agar bisa lebih dipertanggungjawabkan. Adanya daftar pustaka itu juga bisa menjadi suatu cerminan penulis terhadap penghargaan sumber informasi yang digunakan dalam penyusunan dan penulisan karya ilmiah.

Dasar Cara Penulisan Daftar Pustaka pada Karya Ilmiah

Diatas, unsur-unsur yang harus diperhatikan dalam daftar pustaka tidak terlalu jauh jauh dengan unsur yang ada pada catatan catatan kaki. Hal yang cukup membedakan antara daftar pustaka dan catatan kaki adalah penggunaan nomor halaman yang mana pada catatan catatan kaki biasanya menggunakan nomor halaman buku yang digunakan sebagai rujukan informasi, sedangkan pada daftar pustaka tidak ada nomor halaman tersebut. Sebagian orang mungkin menganggap cara penulisan daftar pustaka dari berbagai sumber informasi pastinya akan sama saja. Ternyata hal ini memiliki kaidah tulisan yang berbeda antara daftar pustaka yang berasal dari buku, artikel dari surat kabar, artikel dari internet, laporan penelitian, sumber informasi lainnya. Meski memiliki kaidah yang berbeda,

Menulis tulisan yang mengambil informasi dari berbagai sumber sebagai rujukan  yang tercantumkan dalam daftar pustaka. Tentu saja, harus tetap juga memperhatikan tentang cara menulis daftar pustaka yang benar dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dengan daftar pustaka atau daftar rujukan, ini akan membantu untuk menunjukkan penghargaan dan apresiasi terhadap orang-orang atau pihak-pihak yang turut menjadi sumber informasi dalam penulisan karya tulis atau karya ilmiah tersebut. Jadi menjadi sangat penting jika daftar pustaka menjadi acuan dari data yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan.