Cara Reset Perangkat iPhone

45
Perangkat iPhone

Perangkat iPhone merupakan salah satu smarphone canggih dan terkenal dengan kualitas produknya. Namun demikian, hal ini bukan berarti bahwa perangkat ponsel pintar tersebut tak bisa mengalami gangguan ataupun kerusakan. Salah satu masalah yang cukup mengganggu dan seringkali dijumpai di kalangan pengguna iPhone adalah perangkat error ataupun menjadi hang. Dengan perangkat yang mengalami gangguan, hal ini pastinya juga bisa mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas menggunakan perangkat gadget tersebut. bila perangkat iPhone Anda pun sering mengalami hang ataupun error, cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara reset iPhone sehingga perangkat smartphone Anda tidak lemot dan terhindar dari masalah lagi. Cara melakukan reset iPhone sendiri ada dua yaitu melalui soft reset dan hard reset.

Reset Perangkat Iphone dengan Soft dan Hard Reset

Bila masalah yang Anda miliki terkait perangkat iPhone Anda bukan masalah yang terlalu serius maka Anda hanya perlu melakukan soft reset pada perangkat tersebut. Cara reset Iphone dengan menggunakan metode soft adalah dengan melakukan reboot pada perangkat iPhone untuk memperbaiki masalah seperti layar tak bisa menutup, iPhone yang tiba-tiba hang, ataupun lainnya. Metode soft reset ini tidak akan menghapus ataupun menghilangkan aplikasi, pengaturan, ataupun multimedia dari perangkat. Cara melakukan soft reset juga hal yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan menekan tombol Home + Sleep secara bersamaan dan menahannya sekitar 10 detik hingga layar menjadi hitam. Selanjutnya, biarkan iPhone selama beberapa saat hingga muncul logo Apple yang menandakan bahwa proses reset sudah selesai. Anda hanya perlu menunggu hingga tampilan homescreen iPhone Anda muncul. Setelah selesai, Anda bisa mencobanya untuk mengetahui apakah iPhone tersebut telah pulih atau tidak.

Selain melakukan soft reset, Anda juga bisa melakukan hard reset iphone yang mana proses reset ini bisa menghapus semua konten mulai aplikasi, multimedia, kontak, dan lainnya sehingga perangkat iPhone bisa kembali seperti pengaturan awal dari pabrik. Inilah mengapa sebelum melakukan hard reset, Anda sebaiknya membuat back up data-data yang memang Anda anggap penting. Untuk melakukan hard reset, Anda bisa melakukannya sendiri ataupun dengan meminta bantuan kepada pihak yang memang lebih memahami bagaimana cara reset iPhone secara tepat.