Tanggal Rilis iPhone X di Indonesia Masih Belum Jelas

72
iPhone X

iPhone X sudah gembar gembor di Indonesia. Apple sudah mengumumkan rencana peredaran tiga gadget baru mereka yaitu iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan yang paling menarik perhatian tentunya adalah iPhone. Ketiga perangkat ini akan berada di pasar beberapa negara pada tanggal 3 November 2017, sedangkan pre-ordernya sendiri sudah bisa dilakukan sejak 27 Oktober 2017.

iPhone X Masuk Ke Pasar Indonesia?

Walaupun Apple sudah memberikan tanggal yang pasti tentang tersedianya produk terbaru mereka di pasaran, hal ini ternyata tidak berlaku untuk Indonesia. Sampai sejauh ini, belum ada kepastian kapan masyarakat Indonesia bisa mendapatkan smartphone yang dikatakan tercanggih saat ini.

Ketersediaan iPhone X di pasaran Indonesia digadang-gadang akan telat seperti saat peluncuran iPhone 7 yang lalu. Saat iPhone 7 diluncurkan oleh Apple, Indonesia juga tidak langsung mendapatkan pasokan. Alasannya bukan karena jumlah yang tidak mencukupi, tetapi karena terganjal oleh peraturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang mengharuskan smartphone 4G harus mengandung setidaknya 30% kandungan lokal.

Bahkan iPhone 7 sendiri baru hadir di pasar Indonesia saat sebuah provider menyediakannya dalam bentuk bundling atau paket. Saat ditanyai tentang kemungkinan bundling iPhone 8 dan iPhone X, perwakilan dari perusahaan provider tersebut juga belum bisa memberikan informasi.

Karena belum ada satupun perusahaan yang mengklaim menjadi agen iPhone X di Indonesia, maka muncullah penawaran tidak resmi di dunia maya. Penawaran ini cukup membuat mata terbelalak karena iPhone yang harganya berkisar Rp. 13 juta ditawarkan dengan harga Rp 23,5 juta.

Walaupun masih belum ada penawaran resmi tentang tiga gadget terbaru dari Apple ini, pembicaraan tentang iPhone 8 dan iPhone X sangatlah ramai di Indonesia. Banyak yang membandingkan ketiga smartphone tersebut dan memberikan pertimbangan untuk memilih satu diantara tiga.

Salah satu yang cukup menarik adalah saran untuk lebih memilih iPhone 8 dibandingkan iPhone X. Selain masalah harga yang berbeda cukup banyak, teknologi baru di iPhone terbaru masih dipertanyakan, terlebih lagi dengan adanya berita gagal demo Face ID yang terjadi saat pengumuman iPhone X.

Apapun itu, masyarakat Indonesia tentunya harus sabar menunggu hingga smartphone berlayar OLED dan tidak lagi menggunakan tombol home tersebut hadir di pasar dalam negeri.