Kopi Gayo Aceh Turut Tampil pada Festival Istanbul, Coba Tembus Pasar Turki?

28
Kopi Gayo Aceh

Keharuman kopi Gayo Aceh yang sedap dan khas bisa ditemukan di salah satu sudut kota Istanbul pada hari Kamis (21/9/2017) pada saat Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, memperkenalkan kopi tersebut sebagai salah satu varian kopi berkualitas terbaik di dunia saat Istanbul Coffee Festival yang diselenggarakan di Kucukciftlik Park pada 21 hingga 24 September 2017.

Menurut Irwandi, kegiatan promosi kopi Indonesia bisa menjadi salah satu peluang besar dalam pengembangan pasar ekspor komoditi kopi Aceh. Pada kesempatan tersebut, Irwandi bertugas memimpin delegasi pengusaha kopi Aceh yang terdiri dari Koperasi Redelong Organik, Koperasi Gayo Mandiri, dan CV Garindo.

Irwandi menambahkan bahwa interaksi di antara para pengusaha kopi Aceh diharapkan bisa menarik investor serta pembeli sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian di kawasan Provinsi Aceh.

Kopi Gayo merupakan salah satu varian kopi terbaik di dunia yang tumbuh di kawasan dataran tinggi Aceh Tengah. Selama ini, kopi Gayo Aceh sendiri telah dikenal dunia dengan citarasa dan aromanya yang khas dan diharapkan dengan berpartisipasi dalam festival kopi di Istanbul bisa semakin membuat kopi Gayo Aceh bisa semakin dikenal lebih luas terutama di pasaran Turki. Tentu saja dengan semakin dikenalnya kualitas kopi Gayo Aceh, bisa menjadi salah satu media untuk semakin meningkatkan pertumbuhan perekonomian Provinsi Aceh.

Herry Sudradjat, Konsul Jenderal RI Istanbul, menyebutkan bahwa Turki memiliki jumlah penduduk sekitar 83 juta orang yang mana memiliki kegemaran tinggi terhadap minuman kopi. Dengan keikutsertaan para pengusaha kopi Aceh pada festival kopi di Istanbul tersebut tentu menjadi langkah yang sangat tepat meskipun juga bukan tanpa tantangan pastinya.

Dengan kualitas baik dari rasa serta aromanya, kopi gayo Aceh memang sudah mendunia sejak lama. Namun demikian, peluang kopi Gayo untuk bisa masuk pasaran masyarakat Turki tentu juga bukan hal yang mudah dilakukan karena salah satu jenis kopi Indonesia tersebut juga harus menghadapi persaingan dengan berbagai jenis kopi dari negara-negara lain seperti Peru, Kenya, Brasil, Costa Rica, dan Guatemala.

Iwan Wijaya Mulyatno dari Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KJRI Istanbul mengungkapkan bahwa para pengunjung festival kopi Istanbul sangat tertarik dengan rasa serta aroma dari kopi Gayo Aceh. Menurut sebagian pengunjung yang singgah ke stand Indonesia mengatakan bahwa rasa kopi Gayo Aceh memiliki rasa yang sangat kuat bahkan saat cicipan pertama di lidah. Kekhasan dari kopi Gayo Aceh yang lembut mampu membuat para penikmatnya bisa meminumnya hingga habis.