Fitur iPhone X yang Mencontek Android?

46
Fitur iPhone X

Secara resmi, Apple telah mengumumkan kehadiran iPhone X dalam acara yang diselenggarakan pada Selasa (12/9/2017) di Steve Jobs Theater, Amerika Serikat dan tentu saja fitur iPhone X hadir bersamanya. Sejumlah inovasi baru akan dihadirkan pada ponsel terbaru Apple tersebut. namun demikian, sebagian inovasi yang disematkan pada iPhone X sebenarnya bukanlah hal yang baru karena sudah pernah dijumpai sebelumnya di berbagai ponsel Android. Apakah iPhone X mencontek fitur-fitur Android?

Pada Fitur iPhone X dilengkapi dengan pemindai wajah sebagai kunci biometrik yang mampu memberikan sistem keamanan lebih optimal pada perangkat. Fitur dengan teknologi face scanning tersebut ternyata telah lebih dulu diterapkan Samsung Galaxy S8 serta Galaxy S8 Plus yang diluncurkan sekitar Maret 2017. Harusnya teknologi face scanning yang diusung Apple harus lebih maju karena mendapatkan dukungan dari perusahaan sekuriti biometrik RealFace pada awal tahun ini. Meski demikian, kepintarannya dalam mengenali wajah pastinya juga masih harus diuji.

Fitur iPhone X yang dinilai mencontek fitur Android adalah bagian punggung yang berlapis kaca. Bila selama ini, perangkat ponsel Apple lebih populer dengan cangkang berbahan metal, pada iPhone X ini menggunakan lapisan punggung berbahan kaca yang mana hal ini bukanlah menjadi fitur pertama yang ada pada perkembangan gadget. Sebelumnya, Android LG G6 serta seri Samsung Galaxy sudah lebih dulu menggunakan teknologi tersebut.

Ponsel iPhone X juga menggunakan layar AMOLED yang mana sebelum-sebelumnya ponsel Apple selalu menggunakan layar berjenis LCD. Layar AMOLED memiliki kualitas yang lebih fleksibel serta lebih cerah dibandingkan layar LCD. Keiikutsertaan Apple yang meluncurkan produk ponsel berlayar AMOLED menyusul berbagai ponsel Android yang sudah lebih dulu memulai beralih ke AMOLED.

Fitur lain pada ponsel iPhone X yang dinilai mencontek dari Android adalah kehadiran wireless charging dan fast charging yang mana kedua fitur tersebut sudah menjadi fitur mainstream di kalangan ponsel Android. Apple rupanya ikut serta menerapkan kedua fitur tersebut pada ponsel terbaru iPhone. Wireless charging dinilai lebih praktis dan simpel karena tak harus menggunakan kabel yang terhubung dengan perangkat. Dan fitur fast charging merupakan teknologi untuk mempersingkat waktu dalam proses pengisian ulang baterai.

Meskipun iPhone X menggunakan beberapa fitur yang sudah lebih dulu diterapkan pada ponsel Android, namun demikian Apple percaya bahwa pasaran smartphone terbaru iPhone juga akan tetap tinggi. Harga paling murah untuk ponsel iPhone X adalah 13 juta rupiah.