Masyarakat New York Terhipnotis Musik dan Songket Khas Deli

31
Musik dan Songket Khas Deli

Belum lama ini, musik dan songket khas Deli mampu menghipnotis masyarakat New York yang turut hadir dalam Couture Fashion Week. Bila selama ini banyak orang menganggap bahwa karya seni tradisional kurang menarik, hal ini berhasil dipatahkan oleh Maestro Biola Indonesia, Tengku Ryo melalui penampilannya pada ajang tahunan tersebut. penampilan Tengku Ryo tersebut merupakan yang kedua kalinya di panggung Couture Fashion Week setelah sebelumnya ia juga tampil di ajang yang sma pada tahun 2015.

Tengku Ryo tak hanya memukau para penonton dengan kepiawaiannya dalam menggesek biola tetapi juga karena kostum berbahan songket khas Deli yang ia kenakan. Dalam pertunjukkannya di New York tersebut, Tengku Ryo membawakan lagu ciptaannya sendiri bertajuk Zapin Songket Nusantara dalam rangka mempromosikan songket tradisional melayu Indonesia pada ajang tahunan tersebut.

Tengku Ryo juga menjelaskan tentang bahan serta filosofi songket yang ia kenakan kepada para penonton ataupun model yang bertanya. Rupanya banyak penonton yang begitu tertarik dengan keindahan baju yang dipakai Tengku Ryo pada pertunjukannya tersebut. inilah salah satu hal yang mendorong Tengku Ryo semakin bersemangat untuk bisa memperkenalkan kain songket di ajang-ajang internasional lainnya.

Tengku Ryo memang bukan musisi baru yang tampil di ajang internasional. Sebelumnya, ia pun pernah tampil di berbagai negara lainnya seperti Italia, Bosnia, Cinal, Turki, ataupun Perancis. Menurut Ryo, musik dan kain tradisional bisa menjadi sebuah kesatuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia di ajang dunia.

Seperti halnya musik dan songket khas Deli  yang memiliki suatu ikatan tersendiri. Ketika melalui musiknya, Ryo berusaha untuk mengenalkan irama serta musik melayu Indonesia mungkin terdengar asing di telinga orang-orang luar. Namun demikian, dari hal yang asing itulah sebenarnya menjadi cara untuk membuat masyarakat luar semakin penasaran dan ingin tahu budaya negeri Indonesia. Di sisi lain, dalam penampilannya di panggung, Ryo pun tak ragu untuk mengenakan kostum dengan kain tradisional untuk memperkenalkan kain khas dari Indonesia.

Indonesia sangat kaya akan budaya dan kesenian tradisional yang sebenarnya bisa diperkenalkan ke kancah internasional dengan kemasan yang mungkin lebih bisa diterima mereka seperti halnya yang dilakukan tengku Ryo bersama musik dan kain songket khas Deli yang berhasil membuat masyarakat New York terhipnotis.