Selamat Datang Cai Tao dan Hu Chun, Panda Taman Safari Jadi Lebih Ramai

160
Cai Tao dan Hu Chun Panda Taman Safari

Panda Taman Safari telah tiba, sepasang panda raksasa bernama Cai Tao dan Hu Chun yang berasal dari Sichuan, China telah tiba di Indonesia. Beruang hitam putih ini akan meramaikan Taman Safari Indonesia yang kini menjadi tempat perawatan panda ke 16 di dunia dan juga akan membantu dalam pengembangbiakannya.

Kedua panda lucu tersebut datang ke Indonesia menggunakan pesawat Airbus milik Garuda Indonesia. Keduanya dibawa dengan dua kandang terpisah dalam ruangan kargo pesawat yang telah dipersiapkan sedemikian rupa demi kenyamanan sang panda. Setelah menjalani penerbangan selama kurang lebih enam jam, keduanya tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada hari Kamis, 28 September 2017, jam 9 pagi. Setelah beristirahat sebentar dan menjalani beberapa pemeriksaan, keduanya segera dibawa ke Taman Safari.

Hampir setengah hektar lahan telah dipersiapkan untuk menjadi rumah baru bagi Panda Taman Safari. Pihak Taman Safari telah memilih lokasi yang memiliki ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut untuk menyesuaikan dengan ketinggian dataran tempat kedua panda ini tinggal sebelumnya. Empat kadang telah dipersiapkan demi kesuksesan dalam perawatan dan pengembangbiakan panda di Taman Safari. Selain itu, perkebunan bambu juga disiapkan untuk memenuhi kebutuhan makanan panda karena bambu yang menjadi makanan panda merupakan jenis khusus yang tidak sama dengan bambu yang ada di Indonesia.

Kedua panda tersebut berusia tujuh tahun. Nama mereka memiliki arti yang sangat indah. Cai Tao adalah panda jantan yang memiliki berat badan 128 kg. Nama Cai Tao berarti porselin berwarna-warni. Hu Chun adalah panda betina dengan berat badan 113 kg. Nama Hu Chun berarti danau di musim semi.

Kedatangan kedua panda ini menjadi simbol bertambahnya kedekatan antara negeri China dengan Indonesia, terutama dalam hal kerjasama riset hewan dilindungi setelah sebelumnya Indonesia juga telah membagi ilmu pengembangbiakan harimau Sumatera.

Masyarakat Indonesia pun sangat bersemangat dalam menyambut kedatangan Panda Taman Safari. Taman Safari pun menjadi semakin ramai dengan datangnya hewan yang sangat terkenal di seantero dunia ini. Indonesia patut berbangga karena tidak banyak negara di dunia yang dipercaya untuk merawat dan mengembangbiakkan panda.