Pelantikan Resmi Gubernur DKI Jakarta

35
Gubernur DKI Jakarta

Akhirnya, Gubernur DKI Jakarta secara resmi telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (16/10/2017) siang di Istana Negara. Proses pelantikan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dimulai sekitar pukul 16.00 WIB. Proses tersebut diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden tentang pelantikan kepada pasangan gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara Jakarta.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo pun memimpin pasukan kirab yang mana pasangan Anies dan Sandi sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih berada di belakang Presiden Jokowi. Barisan selanjutnya ada Pasukan Pengamanan Presiden dengan mengenakan seragam merah putih serta memainkan alat musik.

Acara kirab berlangsung cukup lancar dan beruntung cuaca di kawasan Istana Kepresidenan pun cerah karena sebelum adanya proses pelantikan dimulai, sempat turun hujan dengan intensitas sedang yang melanda kawasan Istana.

Setiba di Istana Negara, sejumlah tamu kenegaraan rupanya telah menunggu. Pasangan Anies dan Sandi masuk terlebih dahulu serta berdiri di tengah-tengah ruangan di tempat yang telah disediakan. Sedangkan, Presiden Joko Widodo masuk ke ruangan setelahnya.

Proses pelantikan pun dimulai dengan nyanyian lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ sebagai pembukaan yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden tentang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih untuk DKI Jakarta. Surat Keputusan yang telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Juli 2017 tersebut dibacakan oleh Cecep Setiawan yang merupakan Deputi Administrasi dan Aparatur Kementrian Sekretariat negara.

Setelah pembacaan Surat Keputusan Presiden, prosesi dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Pembacaan sumpah jabatan dibacakan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diikuti oleh pasangan Anies dan Sandi. Pasangan Anies dan Sandi disumpah berdasarkan agama yang dianutnya yaitu Islam sehingga dalam prosesi tersebut tampak rohaniawan yang memegang Al Quran di atas kepala Anies dan Sandi.

Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan adanya acara penandatanganan berita acara pelantikan oleh Anies dan Sandi serta disaksikan oleh Presiden Joko Widodo.

Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta diikuti oleh seluruh tamu undangan yang hadir dalam acara prosesi pelantikan tersebut. Dengan berakhirnya acara prosesi pelantikan maka hal ini bisa menjadi bukti bahwa DKI Jakarta telah resmi memiliki Gubernur dan Wakil Gubernur baru dengan masa  periode 2017-2022.

Tentu saja, masyarakat Jakarta sangat antusias dengan pelantikan tersebut serta menunggu pembuktian dari janji-janji Gubernur DKI Jakarta tersebut guna menyejahterakan dan mengayomi masyarakat DKI Jakarta.