Cara Latihan Yoga Di Rumah Bagi Pemula Yang Perlu Dicoba

29
Latihan Yoga di Rumah

Yoga sekarang sudah banyak diminati kaum hawa  terutama ibu-ibu. Selain karena banyak manfaat yang bisa di rasakan olahraga yoga bisa dilakukan di rumah. Jadi kaum hawa yang penuh dengan kerjaan rumah tangga yang tiada habisnya bisa melakukannya disela waktu senggang mereka. Cara latihan yoga di rumah bisa di bilang sangat mudah. Tidak perlu mengundang pelatih ataupun grup yoga yang di lakukan di luar rumah.

Bagi anda yang belum tahu manfaat yoga sungguh rugi sekali jika tidak mengetahuinya. Dari segi waktu sudah jelas lebih efisien karena bisa dilakukan di rumah. Selain itu bisa mengurangi stres dan tubuh anda akan terasa lebih santai. Bahkan banyak yang bilang dan sudah membuktikan bahwa yoga dapat menurunkan berat badan. Banyak yang mencari cara latihan yoga di rumah karena mereka sudah tidak bisa olahraga di luar rumah lagi. Sibuk rutinitas bukan berarti tidak memperdulikan kesehatan. Di bawah ini ada  cara latihan yoga di rumah yang bisa anda lakukan sendiri dengan melakukan beberapa gerakan. Mari kita simak.

1. Gerakan Tadasana

Gerakan tadasana merupakan gerakan dasar dan sangat cocok sekali khususnya bagi para pemula. Cara melakukan gerakan ini cukup dengan berdiri tegak kemudian jinjitkan kaki. Angkat terus ke atas dengan di barengi tarikan napas kemudian keluarkan. Lakukan gerakan ini secara berulang kurang lebih 10 kali per detik. Manfaat yang bisa anda rasakan bisa memperlancar aliran darah, memperkuat otot perut dan dapat menyeimbangkan kerja otot dalam tubuh.

2. Gerakan Vrksasana

Bagi para pencinta olahraga yoga gerakan vrksasana sedang hangat di berbincangkan masyarakat. Bahkan gerakan ini lagi tren karena gerakan yang mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Langkah yang pertama anda berdiri tegak dengan kedua kaki dibiarkan bersentuhan. Kemudian tangan diletakkan di kedua sisi badan. Tarik kedua tangan sampai ke depan dada dengan lurus. Tahan sambil menghembuskan napas dua kali dan kaki angkat kemudian lipat kekanan. Pada hembusan napas yang ketiga , rentangkan tangan ke sebelah atas dengan posisi tangan yang terbuka. Tarik napas dan tahan  kemudian hembuskan sambil meluruskan badan kembali. Lakukan cara ini berulang-ulang tapi dengan kaki sebaliknya.

3. Padahastasana

Cara latihan yoga di dirumah bisa dengan memakai gerakan padahastasana. Gerakan ini sudah banyak dipercaya dapat mengecilkan perut berarti anda bisa langsing dengan gerakan ini. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah langkah awal baringkan tubuh anda posisi telungkup dan jangan lupa pakai matras. Kalau sudah pada posisi nyaman bengkokan lutut anda kearah atas. Untuk menyeimbangang tahan kaki dengan memegang pergelangan kaki menggunakan tangan anda. Langkah selanjutnya anda bisa mengangkat badan sampai mengahasilkan lengkungan seperti perahu. Dan hanya perut yang menjadi tumpuan tubuh.

4. Bhujangasana

Langkah yang bisa anda lakukan dengan mengambil posisi telungkup sambil posisi kaki lurus. Usahakan kedua telapak tangan pada posisi dibawah tepat garis bahu. Seperti biasa tarik napas dengan perlahan kemudian angkat badan anda kearah belakang. Lakukan selama kurang lebih satu menit. Ulangi gerakan ini selama 5 atau sepuluh kali saja.

Baca Juga :

5. Uttanpadasana

Untuk melakukan gerakan uttapadasana cukuplah mudah dan ini merupakan cara latihan yoga di rumah paling gampang. Anda hanya butuh telentang sambil secara perlahan angkat kaki sampai kira-kira tegak lurus 90 derajat. Setelah itu turunkan kaki perlahan dan ulangi sampai 5 kali saja setiap anda melakukan latihan yoga.