Cara Menambang Bitcoin Menggunakan Komputer

18

Cara Menambang Bitcoin bagi anda yang baru tentu sangatlah sulit untuk dilakukan. Untuk cara menambang bitcoin dengan komputer anda hanya membutuhkan internet, CPU berkecepatan tinggi, dan GPU dengan kualitas bagus.

Menambang Bitcoin sebenarnya hampir sama dengan yang dilakukan para blogger yaitu dengan menggunakan akses internet. Jadi untuk melakukan pertambangan Bitcoin selain dengan spek alat pertambangan yang berkualitas juga dengan internet yang terjamin kelancarannya.

Bagi anda yang masih pemula dalam menambang Bitcoin, di bawah ini anda bisa belajar cara menambang Bitcoin dengan komputer dan tugas penting penambang Bitcoin.

Cara Menambang Bitcoin

Pertama

Siapkan komuter dengan CPU dan VGA Card dengan kualitas bagus.

Kedua

Buatlah akun Bitcoin. Yang nantinya penyimpanan dari hasil penambangan akan disimpan di akun yang Anda buat. Cara memebuat akun.

  1. Masuk ke link resmi Bitcoin dan daftarkan data diri anda.
  2. Pilih tab “ Wallet “
  3. Kemudian klik “ Wallet Addres “.
  4. Setelah selesai “ copy “ kode yang ada di “ Wallet Addres “.

Ketiga

Langkah cara menambang bitcoin yang ketiga adalah membuat alat pertambangan. Di sebuah pertambangan tentu ada alat yang di gunakan untuk menambangnya, yaitu menggunakan aplikasi. Caranya :

  • Download dan install aplikasi MineHash Miner.
  • Aplikasi ini akan otomatis melakukan test Bencmark terhadap CPU maupun GPU yang ada di komputer anda.
  • Tunggu selama kurang lebih 2 – 5 menit proses test.

Keempat

  1. Setelah proses test Benchmark selesai, buka tab “ Wallet “ di aplikasi MineHash Miner.
  2. Kemudian paste-kan kode yang tadi di kopi ke kolom yang sudah di sediakan.
  3. Setelah di paste lalu klik “ Start “, dan tunggu sampai proses pertambangan berhasil.

Kelima

Untuk langkah yang kelima anda harus sabar menunggunya. Waktu pertambangan tidak dilakukan dalam waktu yang singkat untuk melakukannya. Terkadang waktu yang di butuhkan beberapa hari bahkan sampai beberapa bulan.

Namun, apabila pertambangan berhasil, hasil dari pertambangan akan langsung dikirim ke akun anda. Kemudian anda bisa menukar uang anda ke kurs rupiah untuk pencairan.

Tugas – Tugas Penting Penambang Bitcoin

Sebagai tambahan, dalam melakukan pertambangan bitcoin tidak semudah yang kita bayangkan. Anda harus melakukan tugas – tugas rahasia yang perlu anda lakukan. Sehingga apabila anda berhasil melaksanakan pertambangan bitcoin anda akan sukses seperti yang anda bayangkan.

Berikut tugas – tugas yang harus anda lakukan ketika pertambangan berlangsung :

1. Mendengarkan Proses Transaksi Yang Berlangsung

Sebagai tugas pertama anda harus mendengarkan transaksi yang sedang berlangsung. Kemudian dilanjutkan anda harus memvalidasi transaksi dengan tanda tangan digital ( digital signature ) yang sedang berlangsung. Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada transaksi double yang sedang berlangsung.

2. Menjaga Kelangsungan Blockchain

Seorang penambang harus menjaga Blockchain-nya sendiri. Dengan cara semua transaksi yang sudah di simpan di Blockchain harus diminta sejarahnya secara valid.

3. Mengawasi Adanya Blok Baru

Sebelum anda masuk ke jaringan tentu ada blok baru yang muncul. Sehingga tugas anda yang berikutnya adalah mendengarkan adanya blok baru. Blok baru ini dapat anda temukan di broadcast dan anda harus mengecek ke-valid-an dari data tersebut.

4. Harus Bisa Menentukan Calon Blok Baru

Setelah blockchain anda terjaga, tentu anda juga harus membuat blok baru. Dengan cara mengelompokkan transaksi yang sudah tercatat ke dalam blok baru.

5. Mencari Nounce Untuk Data Valid Blok

Untuk memvalidasi blok baru anda harus dapat mencari nounce agar data yang ada menjadi valid.

6. Menjamin Keterimaan blok

Blok yang anda buat harus mendapat persetujuan dari penambangan lain. Jadi setelah disetujui blok baru yang anda buat, baru anda sudah bisa memulai penambangan bitcoin.

7. Mendapatkan Hasil Pertambangan

Setelah semua tugas – tugas di atas sudah dilakukan dengan sukses. Hasil atau yang disebut keuntungan bisa anda raih.