Terjangan Angin Puting Beliung Sidoarjo Meluluh Lantakkan Tempat Tinggal Warga

9

Kondisi alam saat ini kurang baik bahkan bisa dibilang sangat buruk. Seperti terjangan angin puting beliung Sidoarjo yang telah menghancurkan ratusan bangunan disana. Warga sampai saat ini masih di landa kecemasan yang mendalam. Hal itu dikarenakan akan ada angin puting beliung susulan yang lebih besar lagi. Sampai saat ini beberapa bantuan terus berdatangan dan mereka saling bergotong-royong membersihkan puing-puing. Masyarakat Sidoarjo tidak hanya membutuhkan bantuan yang berupa pakaian saja akan tetapi yang lebih penting lagi material bangunan. Selain itu juga membutuhkan tambahan uang untuk pembangunan.

Terjangan angin puting beliung Sidoarjo yang begitu dahsyat sampai memporak-porandakan tempat tinggal mereka. Hujan yang ketika itu turun lebat dan disertai angin kencang tambah memperkeruh suasana. Hal yang paling memprihatinkan ketika melihat pemandangan warga yang penuh luka. Bantuan obat-obatan sangat di perlukan dan diharapkan tim medis untuk segera membantu warga yang luka parah. Di bawah ini ada  informasi mengenai terjangan angin puting beliung Sidoarjo yang yang sangat dahsyat itu.

Kerusakan Bangunan Angin Puting Beliung Sidoarjo

Di perkirakan sebanyak 593 bangunan rumah mengalami kerusakan, selain rumah ada juga fasilitas umum, gedung-gedung dan juga fasilitas sosial. Kerusakan paling parah menurut data yang di ambil dari badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Sidoarjo terletak pada tiga titik. Ketiga tempat yang mengalami kerusakan parah itu kebetulan berada di kecamatan waru, Sidoarjo Kabupaten Jawa Timur. Dari data yang didapat tersebut bangunan ada yang mengalami kerusakan yang sedang, ringan bahkan sampai yang berat.

Bantuan Uang Kepada Warga Sidoarjo

Kepala BPBD Sidoarjo yang bernama Dwijo Prawito bermaksud memberikan sebuah bantuan terhadap warga yang rumahnya rusak berat. Bantuan yang diberikan juga berbeda-beda berdasarkan tingkat kerusakan bangunan rumah yang dialami warga Sidoarjo. Menurut penuturan beliau bahwa mereka akan mendapat bantuan uang tunai sebesar Rp 20 sampai Rp 25 juta bangunan rusak parah. Bagi yang mengalami kerusakan ringan akan mendapatkan uang senilai Rp 5 juta. Sedangkan bagi mereka yang mengalami kerusakan berat maka uang yang akan diperbantukan sebesar Rp 10 juta. Itulah keterangan dari tuturan bapak Dwijo Prawito.

Terjangan Angin Puting Beliung Sidoarjo Di Desa Tambak Rejo

Berdasarkan pendataan yang sudah di lakukan oleh BPBD di desa Tambak Rejo mengalami kerusakan sebanyak 519 unit bangunan yang rusak parah. Sedangkan 6 unit bangunan fasilitas umum dan sebanyak 24 warga mengalami luka yang ringan. Dwijo Prawito  melanjutkan pituturnya tentang kerusakan di desa Tambak Sumur yang sebanyak 74 rumah telah rusak. Kerusakan tersebut mengakibatkan 10 warga Tambak Sumur luka ringan. Pendataan terus berjalan dilakukan di desa Tambak Sumur ini untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

Siaga TNI-AD Di Sidoarjo

Kerusakan berat di tiga titik lokasi di Sidoarjo, Jawa Timur diakibatkan hujan lebat dan angin puting beliung.  Secara cepat dan tanggap membuat 300 TNI-AD harus diterjunkan langsung dalam bencana alam tersebut. Di kecamatan waru disana paling banyak di siaga kan ratusan prajurit karena mengalami rusak yang sangat parah. Penanggulangan bencana alam di Sidoarjo dari TNI-AD terus ditingkatkan demi kemaslahatan warga ke depannya.

Demikian informasi mengenai terjangan angin puting beliung Sidoarjo yang sudah meresahkan warga. Kita yang melihat secara langsung dari hati yang paling dalam tidak sampai hati hanya berdiam diri saja. Ingin rasanya kita ingin ikut berpartisipasi untuk meringankan beban yang di alami mereka. Walaupun sedikit yang kita berikan tapi semua itu begitu berarti bagi warga Sidoarjo.