Registrasi Ulang NIK Dan KK Kartu SIM Yang Mudah Dan Cepat

300

Sekarang untuk menggunakan kartu SIM anda harus melakukan registrasi ulang NIK dan KK. Ketentuan tersebut diberlakukan oleh kementerian kominfo. Kebijakan Registrasi ulang NIK dan KK kartu SIM banyak yang belum mengetahui caranya. Bahkan biasanya banyak yang mengalami kegagalan dalam pendaftaran kartu SIM ini. Registrasi nomor seluler prabayar tersebut diberlakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Registrasi ulang NIK dan KK kartu SIM tentunya tidak diberlakukan begitu saja tanpa disertai cara untuk registrasinya. Banyak sekali prosedur dan ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam registrasi ulang nomor seluler prabayar mereka. Langkah dan ketentuan yang harus di lakukan dalam registrasi ulang NIK dan KK kartu SIM adalah sebagai berikut.

Jenis Kartu Yang Harus Di Registrasi

Ada dua jenis kartu yang harus dilakukan registrasi tersebut yaitu registrasi baru nomor perdana dan registrasi ulang nomor lama. Cara registrasi bisa dengan mengirimkan sms dengan ketentuan yang di berikan oleh operator seluler. Setelah mengirimkan sms nanti akan ada konfirmasi dari operator seluler mengenai valid atau tidaknya data yang telah di kirimkan. Memang cukup repot dan sulit namun itulah ketentuan yang harus dilakukan para pengguna nomor seluler prabayar. Jadi anda tetap harus melakukannya.

Cara Dan Ketentuan Registrasi Baru Nomor Perdana

Kebijakan registrasi baru kartu perdana ini sudah diberlakukan sejak tanggal 31 Oktober 2017. Jadi setiap perdana yang baru harus melakukan registrasi agar kartu bisa digunakan. Waktu untuk pengaktifan kartu tersebut sekitar 24 jam dari waktu registrasi. Untuk format sms masing-masing operator seluler ada yang berbeda caranya berikut informasi format pendaftaran kartu perdana baru beberapa operator seluler.

  • Telkomsel : Reg<spasi>NIK#NoKK#
  • Smartfren : NIK#NoKK#
  • Tri : NIK#NoKK#
  • Indosat : NIK#NoKK#
  • XL : Daftar#NIK#NoKK

Setelah mengetik format sms tersebut lalu dapat anda kirimkan ke 4444.

Tambahan Ketentuan Prosedur Jika Tidak Valid

Banyak yang sudah melakukan registrasi namun banyak yang mengalami kegagalan. Tapi tenang saja anda dapat melakukan tambahan prosedur berikut. Apabila sms anda tidak valid anda cek dulu format sms registrasi nomor baru yang tadi sudah dilakukan. jika sudah di cek dan ternyata benar anda tulis kembali format sms yang sama dan kirimkan ke nomor registrasi. Untuk ketentuan berikutnya jika registrasi masih salah juga kirimkan sms sebanyak 5 kali. Nanti akan ada pemberitahuan yang menyatakan bahwa nomor NIK dan KK anda sudah benar. Ikuti petunjuknya dan nomor seluler anda akan di aktifkan dalam 1×24 jam.

Cara Dan Ketentuan Registrasi Ulang Nomor Perdana

Untuk registrasi ulang ada batas waktu yang telah ditentukan. Jika diawali dari tanggal 31 Oktober 2017 maka batas waktu registrasi ulang kartu anda hanya sampai akhir bulan Februari 2018. Adapun Format dalam registrasi ulang kartu SIM adalah sebagai berikut.

  • Telkomsel : ULANG<spasi>NIK#NoKK#
  • Smartfren : ULANG#NIK#NoKK#
  • Tri : ULANG#NIK#NoKK#
  • Indosat : ULANG#NIK#NoKK#
  • Xl : ULANG#NIK#NoKK

Kemudian anda bisa kirimkan ke 4444.

Tambahan Ketentuan Registrasi Ulang NIK Dan KK Kartu SIM

Jika kartu sim tidak valid harap di cek kembali format sms anda. Jika memang sudah benar kirim kembali. Langkah berikutnya jika masih tidak valid lagi maka anda kirimkan format sms sebanyak 5 kali. Nanti anda akan mendapatkan sms balasan dari operator berupa sms. Ikuti langkah yang diberikan dan tunggu sampai 1×24 jam.

Itulah cara dan ketentuan registrasi ulang NIK dan KK kartu SIM yang bisa anda ikuti langkahnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.