Meizu M6S Bakal Jadi Saingan Berat Xiaomi Redmi 5 Plus? Benar Begitu?

137
Meizu M6S
Meizu M6S vs Xiaomi Redmi 5 Plus

Iterasi.id – Beberapa waktu lalu produsen smartphone asal Tiongkok Meizu telah resmi memperkenalkan produk teranyarnya yakni Meizu M6S kepada publik dalam sebuah acara launching global di Beijing. Hal ini dipastikan meyedot cukup banyak perhatian para pecinta smartphone di banyak negara tak terkecuali Indonesia. Pasalnya smartphone besutan Meizu yakni M6S diagadang-gadang untuk bersaing di jajaran entry level (kelas menengah) yang terbilang mempunyai harga yang masih ramah di kantong. Walau masuk dalam kategory mid end smartphone, Meizu M6S jelas tak bisa dianggap remeh. Dengan built quality yang kokoh dan warna-warni menawan yang ditawarkan serta spesifikasi yang segar Meizu M6S bakal jadi saingan berat Xiaomi Redmi 5 Plus, bahkan dengan beberapa “keunggulan” yang dimilikinya Meizu M6S disebut akan merebut pangsa pasar Xiaomi di kelas ini dari (setidaknya begitulah perkiraan banyak orang di luar sana).

Memangnya apa saja sih spesifikasi yang dibawa oleh Meizu M6S ini? Apakah memang mampu merebut perhatian penggemar Xiaomi yang agar melirik pilihan lain?

Tampilan Meizu M6S berwarna biru

Meizu kali ini mengambil langkah berbeda dengan menggunakan chipset prosesor Exynos 7872 milik Samsung yang merupakan salah satu generasi terbaru. Prosesor ini (Exynos 7872) diklaim mampu melebihi kekuatan yang dimiliki Snapdragon 625 dari Qualcomm yang memang tengah jadi andalan bagi smartphone-smartphone mid end lainnya di pasaran saat ini. Chipset hexacore (depan inti) ini dipadukan dengan GPU Mali-G71 MP3 yang dipercaya dalam mengolah grafisnya.

Dengan membawa android nougat 7.0 dan tampilan antarmuka (UI) khas Meizu terbaru yakni flyme OS 6.2 membuat M6S menjadi smartphone dengan dukungan software yang cukup update untuk saat ini. Hal lain yang menjadikannya “kekinian” ialah sudah mengadopsi screen to body ratio 18:9 yang menghasilkan perbandingan layar yang luas (5,7 inchi) namun dengan body smartphone masih terasa compact dan nyaman dioperasikan dengan satu tangan saja. Dengan begini Meizu tentu sudah siap-siap menjadi pesaing langsung untuk Xiaomi Redmi 5 Plus yang juga membawa spesifikasi dan tampilan layar yang kurang lebih sama.

Perbandingan Meizu M6S dan Xiaomi Redmi 5 Plus

Untuk sedikit perbandingan antara Meizu M6S dan Xiaomi Redmi 5 Plus maka inilah sedikit yang kami temukan, di antaranya sebagai berikut:

  • Xiaomi Redmi 5 Plus dan Meizu M6S masih menggunakan usb 2.0, sangat disayangkan keduanya belum menggunakan konektor terbaru usb type c.
  • Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki resolusi layar 1080×2160 pixels yang menghasilkan kerapatan hingga 403 ppi, sedangkan Meizu M6S memiliki resolusi 720×1440 pixels dengan kerapatan layar 282 ppi saja.
  • M6S memiliki 3 gb ram dengan pilihan internal storage 32 gb dan 64 gb, sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus hadir dengan pilihan ram 3 gb untuk internal 32 gb dan 4 gb dengan internal 64 gb.
  • Xiaomi Redmi 5 Plus menggunakan fingerprint di belakang body perangkat (di bawah kamera belakang) sedangkan Meizu M6S meletakkan sensor fingerprint di samping kanan body perangkat, tepatnya di bawah tombol power.
  • Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki baterai berukuran 4000 mAh, sedangkan Meizu M6S dibekali baterai sebesar 3000 mAh saja.
Xiaomi Redmi 5 Plus, generasi penerus lini Xiaomi Redmi

Harga Meizu M6S dan Xiaomi akan bersaing di angka 2 jutaan.

Soal kualitas performa dan daya tahan keduanya digadang-gadang bakal menjadi saingan berat bahkan untuk harga juga diprediksi tidak akan jauh berbeda. Harga yang ditawarkan untuk keduanya berkisar antara 2 jutaan saja. Untuk ketersediannya di Indonesia diperkirakan akan hadir dalam waktu dekat ini (rentang bulan februari-maret 2018). Mari kita tunggu kedatangan dua ponsel pintar ciamik ini.