Oppo R15 Menggunakan Prosesor Helio P60, MediaTek?

64

Iterasi.id – BBK Electronics adalah perusahaan  yang memproduksi smartphone merek Vivo, Oppo dan OnePlus  dan belakangan ini desain dari ketiga ponsel tersebut hampir sama. Karena setiap OEM yang baru saja merilis ponsel baru dengan desain yang baru dengan fungsionalitas yang tinggi, bakal diikuti oleh OEM lainnya dan hal tersebut tak memerlukan waktu yang lama. Di perhelatan Mobile World Congress 2018, MediaTek memperkenalkan prosesor baru Helio P60. Nah kabarnya ponsel ini akan mentenagai Oppo R15.


Saat peluncuran prosesor barunya ini pihak MediaTek memang tidak menyebutkan OEM mana yang pertama akan mengusung Helio P60. Oppo R15 akan hadir dengan MTK Helio P60.

Helio P60 punya proses pabrikasi FinFET 12nm, diklaim lebih powerful tapi tetap irit daya. Tingkat efesiennya mencapai 12% dan hemat daya hingga 25% dibanding Helio P23. MediaTek menyematkan GPU Mali-G7 MP3 yang diklaim 70% lebih cepat. Helio P60 turut mendukung RAM 6 GB, LTE Cat 7 dan Cat 13, serta dual sim.

Prosesor ini punya triple-Image Signal Processor (ISP) yang mendukung setup kamera ganda 20 MP dan 16 MP atau kamera single mencapai 32 MP. Menariknya ISP ini mampu mengonsumsi 18% energi yang lebih sedikit. Saat digabungkan dengan AI Accelerator, aplikasi kamera mampu melakukan penyempurnaan dan overlay secara real-time.
Hal ini jelas mengejutkan. Pasalnya selama ini Oppo kerap memodali ponsel seri R dengan prosesor dari Qualcomm. R11 dan R11 Plus misalnya, memakai Snapdragon 660. Prosesor yang sama kembali dipakai Oppo untuk mentenagai R11s serta R11s Plus.

Oppo kabarnya siap merilis Oppo R15 dan R15 Plus, ponsel tersebut diperkirakan bakal hadir dengan desain bezel-less dan juga ‘notch’ seperti Vivo V9. Untuk spesifikasinya, Oppo R15 dan R15 Plus dipercaya akan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 700 ataupun MediaTek Helio P60, perbedaan kedua seri ini mungkin hanya terletak pada ukuran layar serta RAM dan penyimpanan internal.

Bicara Helio P60 sendiri, system-on-chip (SoC) ini mengusung teknologi artificial intelligence bernama NeuroPilot. Alhasil dapat memaksimalkan kinerja dan efesien.

Tapi memang bukan hal yang tidak mungkin bila vendor asal China itu akhirnya memilih memakai Helio P60. Sebab kolaborasi Oppo dan MediaTek membesut F5 cukup sukses. Alhasil keduanya ingin lanjut bekerjasama di R15.

Benar tidaknya kita tunggu saja saat R15 dirilis Oppo. Kemungkinan tidak lama lagi, mengingat teaser ponsel ini sudah beredar.