3 Cara Mudah Menghubungkan Smartphone ke Layar TV Biasa

40

Iterasi.id – Smartphone dan TV sangat lekat dengan keseharian setiap orang di zaman sekarang. Kedua gadget ini sebenarnya sama – sama menawarkan hiburan berupa tontonan yang sangat menarik dan memiliki banyak kegunaan dari pada smartphone  dan tv biasa. Hanya saja, pada smartphone hone tentu saja memiliki layarnya lebih kecil sehingga untuk dapat menonton film bersama teman di smartphone kurang memuaskan.

Ketidakpuasan itu bisa diakali dengan Cara Menyambung smartphone ke TV. Aktivitas seperti menonton video streaming, video call, atau bahkan bermain games Android favorit menonton film serta browsing di layar yang lebih besar.

Sebelum mempraktekkan lebih dalam Cara Menyambung smartphone ke TV tersebut. Ada baiknya, kamu mengecek terlebih dahulu apakah TV kamu support dan punya konektor yang bisa dipasang dengan perangkat tambahan seperti konektor HDMI, atau support Miracast, maupun support Wireless Display.

1. Cara Menyambung smartphone ke TV Memakai Kabel HDMI

Cara Menyambung smartphone ke TV yang pertama dilakukan adalah Memakai kabel HDMI. Cara ini tidaklah sulit karena Anda hanya tinggal menyambungkan kabel – kabel saja dan tidak perlu mendownload aplikasi tambahan. Tapi, perhatikan bahwa smartphone Anda harus sudah dilengkapi dengan konektor berupa micro HDMI, sedangkan TV juga memiliki konektor HDMI. Untuk cara yang satu ini pasti yang dibutuhkan adalah kabel HDMI untuk menyambungkan kedua perangkat, periksa dulu jenis kabel yang akan dibeli dan digunakan apakah ujungnya cocok dengan port Android Anda. Perhatikan dua jenis kabel di bawah ini, mana yang sesuai dengan smartphone Anda:

Kabel MHL memiliki 2 konektor, Micro USB ke HDMI. Pastikan pula handphone Android Anda support fitur MHL, karena tak semua Android terdapat dukungan teknologi tersebut.

Kabel Micro HDMI ke HDMI. Cek kabel Anda baik-baik, jangan sampai salah mencolokan kabel karena bisa menjadi masalah serius di perangkat Android Anda.

2. Cara Menyambung smartphone ke TV Memakai Miracast

Cara Menyambung smartphone ke TV sebagai alternatif kedua yaitu tanpa memakai kabel. Metode ini bisa kamu lakukan dengan menyambungkan smartphone ke TV menggunakan Miracast. Miracast adalah standar peer-to-peer screencasting nirkabel terbentuk melalui Wi-Fi koneksi langsung dengan cara yang mirip dengan Bluetooth. Hal ini memungkinkan pengiriman nirkabel audio dan video ke atau dari desktop, tablet, ponsel, dan TV.Jika sudah membeli Miracast, langsung saja bergegas untuk menyambungkan perangkat elektroniknya. Kamu tinggal menghubungkan koneksi secara wireless antara smartphone dan TV kamu. Tapi, dengan catatan, perangkat smartphone dan TV juga harus sama – sama support Miracast.

3. Cara Menyambung smartphone ke TV Menggunakan Aplikasi Khusus

Air Play

Airplay merupakan salah satu program keluaran dari Mac yang dirancang khusus untuk iPhone, iPad, dan semua produk dari vendor Apple ini.

All Share

Fitur ini bisa diakses dan khusus dirancang untuk Samsung, All Share maupun biasa disebut Samsung Link tertanam di hampir semua jenis handphone Galaxy.

Cara yang satu ini sangat terbatas penggunaannya karena hanya terbatas untuk masing-masing brand saja.