7 Cara Ampuh Buat Smartphone Dingin

13

Iterasi.id – Seperti halnya perangkat elektronik lainnya, Smartphone tidak lepas dari permasalahan panas atau overheat jika digunakan secara nonstop. Sebuah rangkaian komponen-komponen penting yang dialiri oleh arus dan bekerja untuk menjalankan sebuah sistem tentu akan menimbulkan panas sesuai dengan tingkat kinerjanya itu sendiri. Dengan adanya hal tersebut pastiya aka sangat mengganggu aktivitas saat menggunakan smartphone yang Anda miliki.

Panas pada HP atau ponsel tidaklah membahayakan dan membuat kerusakan pada fisik gadget. Panas yang ditimbulkan karena kinerja seluruh komponen adalah wajar karena ada Pusat pemrosesan data (CPU) yang bekerja secara intensif untuk menjaga agar sistem tetap tetap terjaga.

Terutama kamu yang menggunakan smartphone untuk main game atau pekerjaan sehari-hari, pasti akan sangat terganggu saat suhu smartphone berubah jadi panas disertai dengan mengurangi daya tahan baterai, bahkan mati mendadak. Jika dibiarkan, gejala tersebut lama-lama bisa berujung kerusakan total pada smartphone Anda.

Berikut ini 7 cara ampuh buat smartphone dingin caranya di bawah ini:

1. Gunakan Charger Original

Charger original mengalami kerusakan? Kamu ingin berhemat dengan membeli charger yang lebih murah, namun gak jelas asal-usul dan kualitasnya. Saat menggunakan charger sembarang pastinya watt dan volt yang dihasilkan oleh setiap charger akan berbeda dari charger aslinya, malah akan membahayakan baterai dan smartphone kamu, bahkan jadi salah satu faktor utama yang menyebabkan HP cepat panas. Biasakan selalu menggunakan charger asli dan jika rusak, belilah charger asli yang baru.

2. Matikan Bluetooth dan GPS

Dua fitur smartphone ini termasuk yang jarang kita perhatikan. Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal tidak sedang digunakan dan dibutuhkan. Dua fitur ini nyatanya bisa menyebabkan HP cepat panas. Pastikan kamu mematikan dua fitur ini jika memang lagi tidak dibutuhkan.

3. Kurangi Multitasking

Spesifikasi smartphone yang semakin dewa memang menawarkan performa tokcer untuk melakukan multi-tasking. Meski begitu, kamu tetap harus jaga-jaga suhu smartphonemu saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus. Banyaknya aplikasi aktif yang kamu gunakan bersamaan akan membuat smartphone kamu menjadi lemot karea terbatasnya RAM, tentu hal ini akan menyebabkan HP cepat panas.

4. Istirahatkan Smartphone dari Streaming atau Gaming Nonstop

Kamu hobby streaming atau bermain game di smartphone. Meski hanya satu aktivitas, namun baik streaming atau gaming nyatanya sama-sama akan membuat HP cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus alias nonstop. Ketahui batas waktu penggunaan smartphone, terutama untuk dua aktivitas di atas. Apalagi jika 2 aktivitas tersebut sambil mengisi daya baterai smartphone kamu pastinya akan sangat panas.

5. Cek Kondisi Baterai

Kamu merasa tidak melakukan apa-apa alias tidak memaksakan smartphone untuk aktivitas berat, tapi tetap saja HP cepat panas. Kamu perlu memeriksa kondisi baterai yang ada di smartphone kamu. Usia baterai yang sudah lama dan kondisinya yang sudah usang tentu jadi faktor yang bikin smartphone kamu jadi cepat panas. Biasanya baterai jika sudah hamil pasti akan cepat diisi dan cepat juga habisnya.

6. Hapus File Sampah

Segala file sampah, cache, hingga cookies yang sudah sangat bertumpuk ternyata juga jadi salah satu penyebab HP cepat panas. Tiga hal di atas akan menyebabkan dampak langsung pada CPU dan RAM yang nantinya akan memancing suhu smartphone jadi cepat panas. Untuk itu, kamu harus menghapus file, cache dan cookies yang sudah tidak diperlukan atau sudah bertumpuk.

7. Gunakan Aplikasi ‘Pendingin’

Belum lengkap rasanya kalau belum mengandalkan aplikasi. Untuk cara mengatasi HP cepat panas, ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan. Aplikasi-aplikasi untuk cara mengatasi HP cepat panas tersebut antara lain adalah Clean Master Salah satu aplikasi pendingin Android yang paling populer adalah Clean Master. Aplikasi ini memiliki fitur CPU Cooler, di mana ia akan menghentikan aplikasi yang dapat membuat perangkat jadi lebih cepat panas secara otomatis. DU Battery Saver & Fast Charge
yang menawarkan fitur Phone Cooler. Cara kerja dari fitur ini adalah dengan memantau secara sistematis, mengelola, dan menonaktifkan aplikasi yang menggunakan CPU secara intensif. Pemakaian CPU secara berkala dapat membuat perangkat jadi lebih mudah panas, maka dari itu DU Battery Saver hadir dengan menonaktifkan aplikasi yang terlalu banyak menggunakan CPU. Kesemuanya dijamin akan membantu ‘mendinginkan’ atau menjaga suhu smartphone kamu.