18 Makanan Sehat yang Mengandung Kalsium

21

Iterasi.id – Kalsium merupakan sebuah elemen kimia yang memiliki nama kimia Ca dan nomor atom 20. Kalsium adalah mineral penting yang paling banyak dibutuhkan oleh manusia. Kalsium bermanfaat untuk Mengaktifkan saraf, Melenturkan otot, Mengatasi kencing manis, Menormalkan tekanan darah, Menyeimbangkan tingkat keasaman pada darah, Membantu untuk mineralisasi gigi serta mencegah pendarahan pada akar gigi, Mencegah osteoporosis, Melancarkan sistem peredaran darah, Menurunkan risiko kanker usus, Mengatasi kram, reumatik, sakit pinggang, dan juga wasir, Mengatasi keluhan pada saat terjadi haid atau menopause, Mencegah penyakit jantung, Meminimalkan penyusutan pada tulang selama masa hamil dan menyusui, Mengatasi kering serta pecah-pecah yang terdapat pada kulit kaki dan tangan, . Kalsium dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Kalsium dapat berperan dalam menurunkan tekanan darah serta dapat untuk mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskuler pada wanita post-menopause.

Tubuh manusia memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda, tergantung usianya. Kebutuhan kalsium tertinggi ada pada wanita dewasa yang berusia 51 – 71 tahun, dengan rata-rata membuthkan kalsium sebanyak 1200 mg per hari nya. Setelah umur melebihi 20 tahun, pada umumnya tubuh manusia akan mulai mengalami penurunan kalsium kurang lebih sebanyak 1% per tahun. Apabila setelah umur melebihi 50 tahun, jumlah kandungan kalsium akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan kalsium dapat mencapai 50% ketika sudah mencapai umur 70 tahun. Hal ini disebabkan karena semakin tua usia kita, maka kalsium yang ada di dalam tubuh akan semakin menurun kandungannya.

Berikut daftar bahan-bahan makanan yang mengandung kalsium tinggi :

1. Susu

Susu merupakan produk yang paling populer di kalangan masyarakat, sebagai salah satu bahan makanan yang mampu mencukupi kebutuhan kalsium. Satu gelas susu memiliki kandungan kalsium sebanyak 270 mg, karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi susu secara rutin 2 kali sehari agar kebutuhan kalsium dapat tercukupi.

2. Keju

Keju merupakan makanan dengan bahan dasar susu dan keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi yang terdapat pada susu seperti, protein, fosfor, kalsium, vitamin, mineral, fosfor, lemak, serta kolesterol. Namun, mengkonsumsi susu secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan tubuh.

3. Yoghurt

Yoghurt adalah susu yang dibuat dengan melalui proses fermentasi bakteri. Yoghurt merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan tinggi kalsium, hal ini karena berbahan dasar susu.

4. Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang sangat mudah ditemui dimana-mana. Bayam biasa diolah menjadi sayur bening atau sup, sebagai makanan 4 sehat 5 sempurna ternyata memiliki kandungan kalsium yang tidak main-main. Bayam ternyata mampu menghasilkan 200 mg kalsium, yang tentu saja akan sangat membantu dalam mencukupi kebutuhan kalsium sehari-hari. 

5. Lobak

Lobak menghasilakn 200 mg kalsium per batang, yang akan sangat bermanfaat bagi kebutuhan kalsium anda sehari hari. Sayuran yang biasa ditemui pada masakan soto atau acar ini memiliki manfaat yang sangat baik bagi pemenuhan kalsium anda sehari-hari.

6. Kol

Jenis sayuran yang bisa kitaa temukan dalam sup, cap cay, siomay dan berguna sebagai makanan rendah kolesterol. Kol atau kubis ini memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 90 mg kalsium.

7. Kacang Kedelai

Bagi yang menyukai kacang-kacangan kemungkinan sudah tidak asing dengan kacang kedelai ini. Kacang kedelai biasa dijual secara kiloan di pasar-pasar tradisional ini ternyata merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. 1 cangkir kacang kedelai rebus memiliki kandungan kalsium sebesar  261 mg.

8. Kacang Putih

 

Merupakan jenis kacang-kacangan yang mudah diperoleh di pasar trafisional ataupun pasar modern sekalipun. Kacang putih ini memiliki kandungan kalsium sebanyak 175 mg.

9. Biji Wijen

Dalam 1 ons biji wijen mengandung sekitar 280 mg kalsium, jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah kalsium yang terdapat dalam 1 gelas susu.

10. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang terkenal akan vitamin C nya. Namun, selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dalam satu buahnya, yaitu sebanyak 65 mg kalsium.

11. Buah Ara

Buah ara mungkin kurang familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun, buah ara merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yaitu sebesar 107 mg kalsium per 2 buahnya.

12. Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang mengandung kalsium yang cukup tinggi. Selain itu, pisang juga mengandung berbagai mineral lainnya seperti magnesium, kalium, zat besi, dan lain sebagainya.

13. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan lemak sehat dan juga protein. 3 ons ikan salmon yang sudah dikalengkan dengan masih memiliki tulang belakang ternyata mengandung kalsium yang tinggi yaitu sekitar 181 mg kalsium.

14. Sarden

Ikan sarden merupakan hasil olahan ikan laut yang dapat memenuhi 33 % kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi ikan sarden minimal 1 minggu 1 kali.

15. Udang

Udang merupakan seafood yang memiliki banyak kandungan mineral. Anda bisa mengkonsumsi udang ataupun rebon alias udang kering yang juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi pula.

16. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi yang dapat menyehatkan jantung dan kaya akan serat serta banyak mengandung karbohidrat. Oatmeal juga mengandung kalsium, dalam 1 mangkuk oatmeal memiliki kandungan sekitar 105 mg kalsium.

17. Susu Kedelai

Bagi yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu sapi, jangan khawatir cobalah untuk mengkonsumsi susu kedelai ini. Tidak kalah menyehatkan dari produk olahan susu sapi. Satu cangkir susu kedelai ini memiliki kandungan kalsium sebesar 300 mg.

18. Tahu

Tahu merupakan salah satu produk kacang kedelai yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Tahu merupakan menu yang populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dapat diperoleh dengan sangat mudah di pasar – pasar sekitar.