11 Makanan Penurun Darah Tinggi dan Buat Jantung Sehat

53
Iterasi.id – Darah tinggi atau hipertensi merupakan jenis penyakit yang banyak ditemui di kalangan masyarakat Indonesia. Penyakit ini memiliki gejala dengan tingginya tekanan darah. Selain itu ada beberapa gejala darah tinggi yang biasa ditemui oleh penderita hipertensi yang paling umum. Hal-hal tersebut antara lain :
  • Kelelahan atau mudah lelah
  • Nyeri pada bagian dada
  • Denyut jantung yang tidak teratur
  • Sakit kepala yang parah
  • Gangguan pada penglihatan

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Meskipun sebagian besar makanan penurun darah tinggi tersebut kita konsumsi, penyakit hipertensi ini dapat terjadi pada beberapa keadaan. Berikut ini hal-hal penyebab hipertensi yang dapat terjadi antara lain :

  1. Faktor Keturunan
  2. Stress
  3. Usia
  4. Cukup aktivitas
  5. Pola hidup yang tidak sehat
  6. Rokok dan Alkohol
  7. Konsumsi sodium yang berlebihan

 

Dari beberapa gejala dan penyebab dari darah tinggi atau hipertensi yang sudah disebutkan secara singkat di atas, ternyata bisa dicegah dan diobati dengan mudah. Salah satunya adalah pola dan jenis makan yang tepat. Sebagai referensi sayuran ada beberapa yaitu:

Sayuran hijau sangat membantu dalam mengobati tingginya tekanan darah. Berikut ini beberapa jenis sayuran hijau yang bisa dikonsumsi untuk mengobati darah tinggi atau mengatasi kondisinya agar tidak semakin parah.

  1. Bayam merupakan Sayur ini mengandung serat tinggi dan kalium. Dua nutrisi ini baik dalam mengurangi efek tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2. Bawang Putih dengan aromanya memang cukup menyengat dan rasanya cukup aneh di         lidah. Tapi jangan salah, nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam bawang putih               bermanfaat baik menurunkan tekanan darah atau menstabilkan tekanan darah.

3. Tomat kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada tomat dipercaya mampu                       menurunkan tekanan darah tinggi dengan baik. Tomat bisa dimakan secara langsung,             dibuat jus atau dimasak bersama sayuran.

4. Seledri. Hampir sama dengan bawang putih, seledri dengan aroma cukup menyengat ini         bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalsium dan kalium     yang tinggi pada seledri yang membuatnya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi.

Sama seperti manfaat kesehatan yang lain, buah – buahan segar lain selain pisang dan tomat memiliki zat – zat atau senyawa yang bisa membantu anda dalam mengontrol dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi anda. berikut ini adalah beberapa jenis buah yang bisa anda konsumsi :

5. Pisang buah kuning yang lezat ini memiliki kandungan potasium dan kalium yang tinggi.         Buah ini menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat, bagi yang ingin menyembuhkan           hipertensi dan juga makanan peninggi badan alami.

6. Alpukat memiliki banyak sekali nilai gizi, seperti vitamin C, E, Kalsium dan serat. Semua       bahan-bahan dan senyawa yang terkandung di dalam alpukat dapat membantu tubuh           dalam menyembuhkan dan menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi yang anda       alami.

7. Mengkudu merupakan salah satu tanaman obat yang populer untuk pengobatan berbagai       macam penyakit. Salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau             hipertensi yang banyak dialami.

Makanan olahan khusus untuk menurunkan darah tinggi juga ada yaitu:

8. Minyak Zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan dapat mengontrol       tekanan darah tetap terjaga. Hal ini juga dapat digunakan untuk menjaga jantung tetap         sehat.

9. Yoghurt merupakan produk olahan susu yang digunakan sebagai makanan pembentuk otot     yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium yang tinggi. Hal ini membuat yoghurt       akan menjadi salah satu makanan yang tepat bagi anda untuk menyembuhkan hipertensi.

10. Oatmeal produk olahan gandum memiliki peran sabagai pengganti karbohidrat saat               makan dan dapat mencegah terjadinya hipertensi.

11. Roti Gandum merupakan salah satu hasil olahan gandum yang bisa menjadi pengganti           nasi saat sarapan pagi.