7 Makanan Sehat Penurun Asam Urat

228
Iterasi.id – Tingginya kadar asam urat di dalam darah disebabkan oleh produksi asam urat yang belebihan. Jika dibiarkan maka asam urat akan berlanjut menjadi peradangan atau nyeri sendi. Salah satu upaya pencegahan penyakit asam urat ini adalah dengan menjaga jenis makanan yang dikonsumsi.

Berikut ini adalah daftar makanan dan buah penyebab asam urat yang harus Anda hindari. Anda harus menghindari makanan-makanan dibawah ini agar asam urat anda tidak kambuh.

KATEGORI JENIS MAKANAN PANTANGAN
Jeroan Ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
Seafood Udang, cumi, kerang, kepiting, ikan teri, dll
Makanan Olahan Abon, dendeng, keju, es krim, kaldu
Makanan Kaleng Kornet sapi, sarden
Daging Kambing, sapi, kuda
Kacang Kacang kedelai (tempe, oncom, taucho), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
Sayuran Kembang kol, bayam, buncis, daun singkong, daun pepaya, kangkung, asparagus
Buah Durian, nanas dan air kelapa

 

Berikut ini nama makanan dan nama buah penurun asam urat yang perlu Anda konsumsi. Pilih makanan dan buah apa yang mudah Anda dapatkan dan tidak terlalu mahal dan mudah di temukan.

1. Buah apel dan Cuka apel

Asam malat yang terkandung dalam apel dapat membantu penderita asam urat dengan cara menetralkannya. Satu buah apel setiap harinya akan membantu anda menangani asam urat.
Cuka apel 3 sendok teh dengan 8 ons air. Bisa diminum 2-3 kali sehari. Sangat baik untuk menurunkan asam urat Anda.

2. Kacang panjang perancis

Makanan untuk penderita asam urat yang juga bisa Anda konsumsi adalah jus dengan bahan kacang panjang perancis. Anda bisa mengonsumsi jus ini dua kali sehari. Cek hasilnya setelah beberapa hari minum.

3. Buah ceri

Buah ini juga termasuk buah untuk asam urat terbaik. Buah ini mempunyai zat anti-inflamasi (antosianin) yang bisa menurunkan kadar asam urat Anda. Konsumsi buah ini juga bisa mencegah terjadinya penumpukan kristal pada persendian Anda.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah penurun asam urat. Jeruk nipis mengandung asam sitrat mampu melarutkan asam urat. Campurkan air perasan dari sepotong lemon ke dalam segelas air. Anda cukup mengkonsumsinya dua kali sehari.

5. Ekstrak biji seledri

Ini juga cara mudah menurunkan asam urat Anda, yakni mengonsumsi ekstrak biji seledri. Bisa dicoba.

6. Stroberi

Anda bisa mengomsumsi buah stroberi, acai berry dan blueberry. Buah-buah kelompok berry ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang bisa menurunkan asam urat Anda.

7. Kacang Pinto

Kacang pinto juga efektif untuk menurunkan asam urat karena kandungan asam folatnya tinggi.