7 Makanan Tradisional Indonesia ini Terkenal di Seluruh Dunia

24
Iterasi.id – Makanan Tradisional yang Terkenal di Dunia? mungkin anda tidak percaya makanan tradisional yang ada di Indonesia ini sudah atau juga di sukai oleh orang yang berada di luar negri. Berikut ini makanan tradisional Indonesia yang sudah mendunia:

1. Rendang

Rendang adalah makanan khas indonesia yang berasal dari Padang Sumatera tepatnya Minangkabau yang sering di temui di warung padang. Rendang dibuat dari daging sapi, kerbau dan ayam yang bercita rasa pedas, bumbunya menggunakan dari campuran berbagai bumbu serta rempah rempah asli indonesia. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang cukup lama dipanaskan sehingga bumbu meresap kedalam daging dengan menggunakan santan kelapa sampai airnya cukup mengering dan meninggalkan minyak. Rendang dikenal dengan proses memasaknya yang cukup lama.

2. Nasi Goreng

Nasi goreng makanan yang sering di jual oleh rumah makan yang ada di Indonesia. Nasi goreng biasanya di masak dengan cara di goreng di wajan menggunakan minyak goreng dengan bumbu-bumbu  seperti kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada dan bumbu-bumbu lainnya. Nasi goreng juga ada beberapa jenis yaitu nasi goreng ayam, seafood, teri, daging dan lainnya. Nasi makanan pokok yang ada di Asia dan jarang di temui di bagian eropa dan amerika.

3. Gado Gado

Gado gado adalah makanan khas jawa berupa sayur sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu dengan tahu, tempe dan bumbu kacang yang khas. Tak ketinggalan juga irisan telur dan taburan bawang goreng diatasnya. Penyajiannya yang unik dan lezat ini akan lebih komplit jika ditambah dengan emping goreng atau kerupuk. Bisa di bilang gado-gado adalah salad khas dari Indonesia.

4. Soto

Soto adalah perpaduan antara kaldu dari ayam atau sapi yang di tambah dengan toge, kunyit. Ada beberapa jeis soto yang ada di Indonesia seperti soto betawi, banjar, dan lainnya yang memiliki keunikkan tersendiri dalam penyajiannya. Bisa dibilang soto adalah sop atau sup khas Indonesia.

5. Sate Ayam

Sate ayam biasanya di masak denga cara dibakar ini merupakan makanan yang disukai oleh masyarakat Indonesia. Di Indonesia Sate ayam yang terkenal adalah sate khas Madura, ternyata sate ayam mampu menghipnotis masyarakat luar negeri. Selain sate ayam ada beberapa jenis daging yang digunakan yaitu kambing, babi, jeroan dan lainnya.

6. Bakso

Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, tahu, ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran. Berbagai jenis bakso sekarang banyak di tawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayan dan mall-mall. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, dan cap cai

7. Gudeg Yogyakarta

Gudeg adalah makanan tradisional yang terbuat dari Nangka muda (nangka) yang direbus selama beberapa jam dengan gula. Gudeg biasanya bisa bertahan 1 minggu dengan cara dipanaskan. Gudeg telah dikenal oleh masyarakat Indonesia khususnya sebagai makanan khas dari Kota Yogyakarta, Jawa Tengah Indonesia. Popularitas tersebut juga yang membuat Yogyakarta dikenal dengan julukan Kota Gudeg. Wisatawan manca-negara mengenal Yogyakarta juga melalui gudeg, mereka penasaran dengan makanan khas daerah di Indonesia yang begitu gurih dan manis dilidah seperti manisnya Yogyakarta.