5 Bahan Makanan Termahal di Dunia

38
Iterasi.id – Apakah Anda mengetahui bahan makanan termahal di dunia? Biasanya kita hanya ingin mengetahui mobil termahal, motor termahal, pemain bola termahal di dunia. Bahan makanan juga ada yang mahal bahkan bisa sampai ratusan juga rupiah bahkan milyaran, karena bahan ini sangat langka dan memiliki gizi yang tinggi. Berikut ini adalah bahan makanan yang menjadi bahan yang termahal di dunia saat ini:

1. Beluga Caviar

Harga: 330 juta rupiah per Kilo

Ikan Kaviar jenis ini adalah jenis yang paling mahal di dunia. Makanan utama apapun yang menggunakan telur beluga kaviar sebagai salah satu bahannya atau hiasan di hidagan tentu akan dibanderol dengan harga tinggi. Biasanya dapat ditemukan di hidangan hotel bintang 5.

Harga yang mahal disebabkan untuk mendapat telur ikan ini sangatlah sulit. Kaviar ini didapat dari ikan sturgeon yang membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk menjadi dewasa. Satu ikan yang memiliki telur akan mati karena saat proses pengambilan telur harus menyayat perut ikan di laboratorium dan hanya 100 ikan yang bisa ditangkap setiap tahunnya.

Telur Beluga caviar juga memiliki warna yang bermacam-macam mulai dari biru hingga hitam. Warna telur yang paling bercahaya merupakan yang paling mahal. Caviar adalah makanan yang terbuat dari telur ikan dan banyak diyakini sebagai makanan untuk memperkuat tubuh dari zaman Yunani kuno.

2. Yubari King Melon

Harga; 100 Juta per Biji

Yubari Kingpun disebut-sebut sebagai melon paling mahal di dunia. Tiap tahun, harganya semakin meroket tajam dan laris dibeli. Yubari King dikembangkan di kawasan Yubari, Hokkaido. Yubari King punya rasa daging buah yang sangat lembut dan manis. Rasanya begitu lembut di mulut dan terasa sangat segar. Jenis Yubari King ini ditanam dan dipasarkan secara terbatas. Karenanya, harga ratusan juta per biji.

3. Kopi Luwak

Harga: 7 Juta per 1 kilo

Biji kopi yang udah terkenal dari Indonesia ini masuk dalam daftar kopi-kopi terenak di dunia karena keunikan rasanya. Dengan menggunakan fermintasi alami Luwak berupa kotoran yang dihasilakan, kopi ini punya harga selangit. Harga yang selangit ini dikarenakan binatang Luwak yang membutuhkan waktu untuk makan dan memproses biji kopi, selain pasokan yang terbatas, biji kopi Luwak juga banyak yang cari.

 

4. Ayam Cemani

Harga: 33 juta rupiah per Ekor

1 Ayam yang sebanding dengan harga sepeda motor sport, ayam dari Indonesia ini banyak dicari oleh orang luar negeri karena kehitamannya. Keunikan Ayam ini adalah semua anggota tubuhnya hitam, dari daging hingga organ matanya. Hitam yang dihasilkan dari ayam ini bukan buatan manusia, melainkan karena hasil pigmentasi dan kondisi genetik, Fibramilanosis. 

 

5. La Bonnotte Potato

Harga: 8,2 juta rupiah per Kilo

The King of Potatoes, rajanya para kentang La Bonnotte Potato ini memiliki cita rasa asin. Kentang ini mahal karena hanya dapat dipanen dan dirawat dengan tangan manusia. Kentang yang hanya tumbuh di bagian paling barat Prancis ini tergolong sangat langka karena hanya panen 100 ton per tahunnya.