Cara Diet Sehat dan Alami Tanpa Menyiksa Diri

7

Iterasi.id – Melakukan diet alami tidak hanya membuat kamu mendapatkan berat badan ideal, tapi juga memiliki tubuh yang sehat. Melalui cara diet yang benar dan teratur, kamu akan memperoleh berat badan yang ideal sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan menyiksa diri sendiri untuk melakukan diet.

Dengan mengurangi porsi makan secara drastis, mengonsumsi makanan yang tidak enak, atau bahkan membuat dirimu kamu kelaparan malah akan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini cara diet alami tanpa harus menyiksa diri:

1. Kunyah dengan Benar Makananmu

Setiap kamu makan dengan terburu-buru dan tidak mengunyahnya dengan baik, artinya kamu tidak memberikan waktu pada perut untuk mengirimkan sinyal kenyang menuju otakmu. Oleh karena itu, mengunyah dengan benar dapat membantu kamu merasa kenyang dan tidak makan berlebihan. Makanan yang tidak di kunyah dengan benar di lambung akan sulit terurai sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses perncernaan.

2. Perhatikan Asupan Nutrisimu

Tubuhmu setidaknya membutuhkan 5 porsi buah dan sayuran dalam sehari guna memenuhi nutrisi yang kamu butuhkan. Pilihlah buah yang cocok untuk diet, dan konsumsi secara rutin. Kamu cukup membagi porsinya ke dalam beberapa waktu. Misalnya pada saat sarapan atau makan siang. Kamu juga bisa menjadikan buah dan sayur sebagai camilan di sore hari atau saat makan malam. Bila Anda bekerja di kantor sebaiknya buah dan sayuran di jus terlebih dahulu agar tidak ribet.

3. Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan sumber energi dan gula bagi tubuh sehingga tubuh membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup. Biasanya karbohidrat didapat dari nasi, mie, dan lainnya. Ternyata makanan itu sulit untuk diserap oleh tubuh sehingga menumpuk menjadi lemak. Oleh karena itu gantilah karbohidrat biasa dengan karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sereal, dan lainnya karena lebih mudah diserap oleh tubuh menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Kurangi Gula dan Perbanyak Minum Air Putih

Mulai sekarang, bila kamu ingin mendapatkan berat badan idaman, jauh-jauhlah dari makanan atau minuman yang tinggi gula. Apalagi jika kamu minum jus yang dicampur dengan gula atau susu kental manis. Ganti asupan gula dengan madu ataukayu manis yang lebih alami.

5. Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Salah satu cara diet alami dalam seminggu adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serat dan mengandung karbohidrat. Makanan ini mampu menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Makanan kaya serat dapat diperoleh dari buah dan sayuran, diantaranya adalah kentang, brokoli, bayam, sayuran hijau lainnya, jambu biji, pir, pisang dan umbi-umbian.

6. Pentingnya Protein

Makanan berprotein tinggi dipercaya dapat membuat kita kenyang lebih lama dan menurunkan frekuensi timbulnya rasa lapar. Serta dapat menambah masa otot jika rajin berolah raga. Protein cukup penuhi asupannya berkisar pada 46 gram per hari (untuk wanita) dan 56 gram per hari (untuk pria).

7. Bakar Kalori dengan Rajin Olahraga

luangkanlah waktumu untuk melakukan olahraga, dan lebih aktif. Misalnya dengan lari selama 150 menit per minggu, menggunakan tangga dibandingkan lift, atau tidak malas berjalan kaki karena berjalan kaki memiliki banyak manfaat.

Olahraga tidak hanya dapat membantumu menurunkan berat badan, tapi juga bagus untuk kebugaran dan kesehatan tubuh serta dapat menambah masa otot, terutama organ jantung menjadi sehat.

8. Usahakan Tidur dengan Teratur

Cara menurunkan berat badan dengan makanan dan olahraga saja tidak cukup tanpa tidur yang cukup. Tidur sama pentingnya dengan aktivitas fisik maupun menjaga pola makan.

9. Pola Makan Malam

Untuk menurunkan berat badan tidak perlu untuk meninggalkan makan malam tetapi kamu perlu memperhatikan pola makan malam. Pada malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga hanya membutuhkan asupan energi dan gula dalam jumlah yang kecil. Jadi kamu cukup mengurangi 1/2 atau 1/4 dari makan siang untuk mendapat tubuh yang ideal.

10. Mengurangi Konsumsi Makanan Kemasan

Makanan siap saji, makanan kemasan, dan makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi, belum lagi bahan pengawet serta gula yang ada di makanan tersebut. Jadi sebaiknya dikurangi ataupun dihindari saat kamu sedang berupaya melakukan diet sehat dan alami.