Amazon Buka Kantor di Indonesia

24

Iterasi.id – Pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia, sepertinya menjadi pasar yang menggiurkan raksasa e-commerce. Setelah e-commerce asal China, Alibaba, yang sudah masuk terlebih dahulu, kini giliran Amazon Inc atau Amazon dikabarkan siap memasuki pasar e-commerce di Indonesia pada 2018.

Amazon Web Services (AWS) resmi membuka kantor layanan konsultasi di Jakarta, Indonesia. PT Amazon Web Services Indonesia (AWS Indonesia) akan mendukung basis pelanggan yang tengah berkembang pesat di Tanah Air. Pembukaan kantor ini pun akan membuka lapangan kerja baru, di antaranya teknisi ahli, arsitek solusi, dan berbagai fungsi lainnya guna mendukung para pelanggan di Indonesia saat mereka melakukan migrasi ke cloud server.

“Teknologi cloud memiliki kekuatan untuk membantu mentransformasikan perusahaan, institusi pendidikan, dan sektor publik,” ungkap Nick Walton, Managing Director ASEAN AWS. “Kami berharap dapat membantu mempercepat transformasi tersebut dengan meningkatkan investasi dan komitmen kami di Indonesia,” imbuhnya. AWS menghadirkan layanan komputasi, penyimpanan, jaringan, database, dan berbagai layanan canggih lainnya, seperti AI (artificial intelligence) dan pembelajaran mesin (machine learning), sebagai layanan on-demand dan pay-as-you-go.

Senior Content Markerter iPrice Group, Andre Prasetya menjelaskan “Dengan masuknya Amazon ke Indonesia roda e-commerce di Indonesia akan semakin cepat,”. Investor yang melakukan penanaman modal di e-commerce Indonesia akan terus melakukan inovasi dan percepatan teknologi.

“Amazon melakukan dua cara ekspansi. Pertama, secara langsung masuk ke pasar Indonesia dan melakukan penetrasi. Kedua, menggandeng e-commerce lokal yang sudah mengerti keinginan dan cara pemikiran pasar lokal, ” tambahnya

Beberapa perusahaan terbesar di Indoensia yang menggunakan layanan AWS di Indonesia antara lain Bizzy.co.id, Etobee, Gojek, grivy.com, Haldin, Halodoc, Kompas.com, Kumparan, Livaza.com, Optikseis, Rumah123.com, Traveloka.com, Tiket.com, Tokopedia, dan Urbanindo.com. AWS Indonesia telah beroperasi, dan telah mulai memberikan layanan konsultasi bagi perusahaan-perusahaan dari semua skala, termasuk perusahaan startup, usaha kecil dan menengah, perusahaan enterprise, dan sektor publik. Pelanggan yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang kerja sama dengan AWS di Indonesia dapat mengunjungi tautan berikut ini. Bagi masyarakat umum yang tertarik dengan peluang bekerja di AWS Indonesia dapat mengetahui lebih lanjut dan mendaftar secara online.