Bandara Bintang 5 dan Terbaik di Dunia Tahun 2018

10

Iterasi.id – Pemenang World Airport Awards 2018 didapat dari kuisioner bandara yang diisi 13,73 juta pelancong dari lebih 100 negara yang di sebar Skytrax. Skytrax adalah perusahaan konsultan Britania Raya yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan. Perusahaan ini melakukan survei untuk menentukan maskapai, bandar udara, hiburan dalam pesawat, staff, dan elemen perjalanan udara terbaik lainnya. Penyelengaraan kuisioner dilaksanakan dari Agustus 2017 hingga Februari 2018. Ada 550 bandara di seluruh dunia yang diikutsertakan dalam survei tersebut. Bandara dinilai berdasarkan kinerja utama produk, mulai dari check in, kedatangan, transfer penumpang, pusat belanja, keamanan dan imigrasi, hingga gerbang keberangkatan.

Secara berurutan berikut adalah 10 bandara terbaik di dunia tahun 2018 yang berhasil mendapat penghargaan World Airport Awards 2018 dari Skytrax:

  1. Singapore Changi (Singapura)

Changi Airport Singapore kembali mendapatkan predikat pertama sebagai bandar udara terbaik di dunia. Setelah 6 kali mendapatkan predikat terbaik urutan pertama di dunia, kini Changi Airport rupanya tak mau hengkang dari predikat terbaik pertama di dunia. Genap sudah ke-7 kalinya Changi Airport mendapatkan predikat ini. Hal ini memang pantas didapatkan oleh Changi Airport, tak ada bandara selengkap Changi Airport yang memanjakan para pelancong dengan fasilitas dan pelayanan yang luar biasa maksimal.

  1. Seoul Incheon (Korea Selatan)

Disusul oleh Inchoen International Airport di Korea Selatan, bandar udara ini mendapatkan predikat kedua bandara terbaik di dunia. Ini dikarenakan Inchoen International Airport memiliki fasilitas pendukung yang lengkap bahkan kalian bisa menikmati pegelaran budaya yang di area bandara ini.

  1. Tokyo Haneda (Jepang)

Peringkat ketiga diraih oleh Bandara Haneda Tokyo Jepang Bandara ini cukup terkenal di kalangan wisatawan karena pelayannanya yang baik dan kebersihannya yang terjaga. Bandar udara yang satu ini memang terkenal lengkap fasilitasnya, bahkan kalian bisa menemukan klinik kesehatan dan apotek didalam bandar utara ini. Bila kalian transit dalam jangka waktu panjang, kalian bisa menginap disini.

  1. Hong Kong (Hongkong)

Bandara Internasional Hong Kong saat ini mendapatkan sertifikat penghargaan kualitas bintang lima dari Skytrax. Peringkat bintang lima menjadi level tertinggi bandara yang dilihat dari aspek layanan dan profesionalitas staf di berbagai kategori penilaian berbeda yang ada di lingkungan bandara.

  1. Doha Hamad (Qatar)

Hamad International Airport adalah bandar udara yang terdapat di Doha, Qatar. Jika kalian belum pernah transit di Doha kalian akan menemukan suasana yang cukup nyaman. Fasilitas yang terdapat di Hamad International Airport cukup lengkap, seperti adanya duty free shop, musholla yang besar, Silent room yang nyaman dan terpisah antara laki-laki dan perempuan dan wifi. Di Hamad International Airport juga tersedia blok-blok untuk menonon tv, jadi saat kalian menunggu jadwal penerbangan tak akan bosan.

  1. Munchen Munich (Jerman)

Munich Airport di Jerman bandar udara ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap, bahakan didalamnya terdapat wahana bermain anak hingga minigolf. Jika kalian datang dan menunggu di bandar udara ini dijamin kalian tak akan merasa bosan tentunya menunggu keberangkatan pesawat. Bahkan delay pun tak jadi masalah jika fasilitas penunjangnya sudah bagus dan lengkap seperti ini.

  1. Centrair Nagoya (Jepang)

Masih di Jepang, bandar udara yang dibangun dekat dengan kota Nagoya. Bandar udara ini berada di tengah Jepang, yang unik adalah langit-langit bandar udara ini berada di ketinggian 1000 kaki. Jadi, jika kalian kesana, kalian bisa menyaksikan langsung pemandangan kapal yang berlayar di Pelabuhan Nagoya. Disini kalian juga bisa memanjakan diri kalian, merelaksasikan tubuh dipemandian air panas tradisional Jepang.

  1. London Heathrow (Inggris)

London Heathrow Airport tercatat sebagai salah satu bandara yang paling sibuk di dunia. Bandar udara ini melayani penerbangan ke 170 negara setiap harinya. Ada sekitar 90 maskapai penerbangan yang beroperasi di bandara ini. Tetapi tenang saja, jika kalian melakukan penerbangan di London Heathrow Airport, kalian akan dimanjakan dengan fasilitas yang lengkap. Sambil menunggu jadwal keberangkatan kalian bisa berbelanja ataupun makan di kafe-kafe yang tersebar di area London Heathrow Airport.

  1. Zurich (Swiss)

Berbeda dengan bandar udara lainnya, di Zurich Airport kalian bisa dengan puas mengelilingi bandar udara ini mengenakan sepatu roda. tentu menjadi pengalaman yang asyik bukan? Cuma di Zurich Airport kalian bisa berkeliling bebas mengenakan sepatu roda. Kalian bisa melepas penat setelah penerbangan atau sekedar mengusir rasa bosan menunggu jadwal keberangkatan sambil bermain-main menggunakan sepatu roda.

  1. Frankfurt (Jerman)

Bandar Udara Frankfurt (FRA), yang terletak sekitar 13 kilometer di sebelah barat daya pusat kota, merupakan bandara tersibuk di Jerman dan bandara tersibuk ketiga di Eropa. Sebagai hub bagi Condor, Lufthansa dan Lufthansa CityLine, di tahun 2014 ada sekitar 59,6 juta penumpang yang melalui bandara ini. Bandar Udara Frankfurt memiliki empat landasan pacu dan tiga terminal penumpang, dengan total 145 gerbang. Ini mencakup Terminal Kelas Satu Lufthansa, tempat supir mengantar penumpang menuju pesawat mereka dengan naik Mercedes Benz S-Class, Mercedes Benz Viano atau Porsche Panamera. Fasilitas bandara yang tersedia meliputi area bersantai, lounge perokok, kamar mandi dengan pancuran, teras untuk pengunjung, internet WIFI gratis, pusat konferensi, pusat bisnis, apotek, ruang doa dan area bermain.