10 Pantai Cantik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

73

Iterasi.id – Pantai merupakan salah satu pemandangan alam terfavorit dengan banyaknya pulau di Indonesia dengan kecantikan dan keindahan yang dimiliki. Soalnya, selain indah, pantai juga menjadi tempat untuk beraktifitas seperti olah raga air dan menenangkan diri sambil menikmati deburan ombak dan angin sepoi-sepoi. Banyak juga wisatawan yang menfaatkan pantai sebagai lokasi berjemur supaya kulit jadi tan. Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pantai indah.

Berikut ini 10 pantai cantik di Indonesia yang wajib dikunjungi:

1. PANTAI NIHIWATU, SUMBA

Pantai Nihiwatu masuk dalam urutan ke-17 di CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Soalnya, pantai ini memiliki pasir yang putih, air laut super jernih, dan yang paling menarik perhatian wisatawan adalah pemandangan matahari terbenamnya yang super cantik. Kalian bisa melakukan kegiatan seperti diving, berselancar, menikmati sunset, atau bergabung bersama penduduk lokal untuk menangkap gurita dan kepiting. Untuk menuju ke Sumba, biasanya wisatawan transit dulu di Bali, lalu naik pesawat kecil lagi selama dua jam untuk menuju Sumba.

2. PANTAI DERAWAN, KALIMANTAN TIMUR

Pantai Derawan, Kalimantan Timur masuk dalam urutan ke-63 di CNN World’s 100 Best Beaches In The World. Karena  pantainya bersih dan pasir pantainya juga putih, lembut, dan airnya jernih banget. Kamu bisa menikmati keindahan Pantai Derawan sambil menyelam atau snorkeling. Selain itu, kamu juga bisa berenang dengan gerombolan penyu, ikan pari, dan ubur-ubur. Untuk menuju Pantai Derawan, kamu bisa transit dulu di Kota Balikpapan.

3. PANTAI PINK, PULAU KOMODO

Pantai Pink yang bakal membuat kamu terpesona dengan jernihnya air laut dan pasir warna pink di sepanjang pantai. Pantai ini berada di dekat Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Pasir tersebut bisa berwarna pink karena warna tersebut berasal dari serpihan karang terbawa arus ke daratan dan bercampur dengan pasir pantai. Selain bisa menikmati keindahan Pantai Pink, kamu juga bisa snorkeling atau diving. Untuk bisa berkunjung ke Pantai Pink, kamu harus transit dulu di Kota Kupang.

 

4. GILI TRAWANGAN, GILI MENO, DAN GILI AIR DI LOMBOK

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air adalah ketiga pantai di Lombok yang sangat terkenal. Di antara ketiga pantai tersebut, Gili Trawangan merupakan pantai yang terluas. Gili Trawangan wajib mencoba scuba diving. Untuk pemula pun juga bisa scuba diving karena di sana banyak instruktur berkualitas.

Gili Air adalah pantai yang paling dekat dengan Kota Lombok dan memiliki jumlah penduduk paling banyak ketimbang kedua Gili lainnya. Gili Air memiliki ombak yang tenang, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mengeksplor keadaan bawah laut. Berbagai jenis ikan yang bergerombol di antara bebatuan, terumbu karang, dan rumput laut bisa kamu temui di bawah laut.

Sedangkan Gili Meno merupakan pantai terkecil dan paling sunyi. Cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk kota besar, apalagi pantai ini memang paling sepi, jika dibandingkan Gili Air dan Gili Trawangan. Kamu bisa berjalan kaki dengan tenang mengelilingi Gili Meno Kualitas kebersihan udaranya jelas nggak perlu diragukan lagi. Untuk menuju ke tiga Gili di atas, tentunya kamu harus transit dulu di Kota Lombok.

5. PANTAI ORA, MALUKU TENGAH

Bisa dikatakan bahwa Pantai Ora adalah surga yang tersembunyi di Maluku Tengah. Pesona Pantai Ora adalah air laut super jernih, sehingga kamu bisa menikmati langsung keindahan karang dan dunia bawah laut dari perahu. Saat malam tiba, kamu bisa menikmati bintang-bintang indah di langit dari dermaga. Untuk menuju Pantai Ora, kamu bisa transit dulu di Kota Ambon.

6. PANTAI SAWARNA, BANTEN

Pantai Sawarna menyuguhkan keindahan pemandangan deretan pohon kelapa dan air laut Samudera Hindia yang jernih. Pantai Sawarna terletak di Desa Wisata Sawarna, Banten dan memiliki pasir putih yang kontras dengan langit dan laut biru. Ombak di pantai ini sangat cocok digunakan sebagai lokasi surfing. Ombak di Pantai Sawarna sudah dicicipi oleh para peselancar dari Amerika, Australia, Jepang, dan Korea. Untuk menuju Pantai Sawarna kamu bisa transit dulu di Jakarta baru berkendara ke Banten.

7. PULAU BELITUNG

Keindahan Pulau Belitung sudah terekspos sejak adanya film Laskar Pelangi. Meskipun pulau ini terkenal dengan lada putih dan pertambangan mineral jenis C, seperti timah putih, pasir kuarsa, tanah liat putih (kaolin), dan batu-batu granit, tapi pulau ini memiliki keindahan pantai yang super indah. Pantai di Pulau Belitung berciri khas memiliki batu granit yang besar pasir lembut seputih salju, dan air laut biru jernih.

8. TANJUNG BIRA, SULAWESI SELATAN

Tanjung Bira terletak di Kabupaten Bulukumba. Jarak dari Makassar sekitar 200 km atau berada di paling ujung selatan daratan Sulawesi Selatan. Tanjung Bira dikenal dengan pasir putihnya yang halus. Alam bawah laut juga nggak kalah indah jika dibandingkan dengan tempat lain.

9. PANDAI PANDAWA, BALI

Pantai Pandawa adalah salah satu pantai terpencil di Bali dan memiliki julukan The Secret Beach. Terletak di Desa Kutuh, sebelah selatan Bali, pantai ini tersembunyi di balik tebing-tebing tinggi dan semak-semak. Disebut secret  beach karena jalan untuk menuju pantai ini relatif sulit dituju.

Pantai Pandawa memiliki pasir seputih salju dan air laut yang jernih. Di sini, kamu akan dimanjakan oleh olahraga air seperti kano dan paralayang. Kamu juga bisa berenang di air laut yang jernih. Jika kamu datang ke sini di bulan Maret, kamu bisa menikmati parade budaya yang diadakan oleh penganut Hindu dan Buddha.

10. TOMINI BAY, SULAWESI UTARA

Tomini Bay terletak di Sulawesi Utara. Pada pagi hari, kamu bisa menikmati matahari terbit kemudian melihat para nelayan yang pulang dari berlayar. Kamu juga bisa melakukan diving untuk melihat keragaman biota laut yang masih alami. Di sekitar sana juga banyak resto yang menyediakan hidangan seafood segar. Untuk menuju Tomoni Bay, kamu bisa transit dulu di Kota Manado.