Laptop Gaming Pertama Xiaomi GTX 1050Ti dan GTX 1060

22

Iterasi.id – Xiaomi tak hanya ingin bersaing dengan Razer di persaingannya memprodusksi smartphone gaming, malainkan juga di laptop gaming. Vendor Negeri Tirai Bambu ini pun meluncurkan dan memperkenalkan laptop gaming perdananya bernama Mi Gaming Laptop. Bisnis laptop bukanlah yang pertama bagi Xiaomi. Mereka sebelumnya telah merilis dua seri laptopnya, Mi Notebook Pro dan Mi Notebook Air, laptop tipis yang bersaing dengan Vendor Apple MacBook Air. Kini, lewat Mi Gaming Laptop, Xiaomi ingin menancapkan bisnisnya di dunia gaming laptop.

Laptop ini menggunakan layar 15.6-inch, narrow-frame full-HD display yang memiliki 72% dari NTSC colour dan didukung 178-degree of viewing angles, RGB-backlit keyboard. Laptop gaming ini ada di jenis varian, pertama ada yang menggunakan prosesor Intel Core i5 dan didukung oleh Nvidia GeForce GTX 1050Ti 4GB GDDR5, RAM 8GB DDR4 2400MHz, dan 128GB SSD. Kedua, Intel Core i7 prosesor, digabung dengan Nvidia GeForce GTX 1060 with 6GB GDDR5, RAM 16GB DDR4 2400MHz, dan 256GB NVMe PCIe SSD. Keduanya juga memiliki penyimpanan tambahan 1TB HDD. Semua spesifikasi ini dibanderol dengan harga 8.999 yuan (sekitar Rp 19,7 juta). Keyboard gaming Xiaomi menyala dengan 16 juta warna. Pada bagian depan konektivitas, Mi Gaming Laptop memiliki empat port USB 3.0 bersama USB Type-C, HDMI 2.0, Ethernet, dan jack mikrofon dan headphone. Ada juga pembaca kartu memori 3-in-1. Mi Gaming Laptop memiliki 46 persen pemasukan air-inlet pada konstruksinya dan mencakup kombinasi 3 + 2 pipa panas berdiameter besar. Khusus untuk pengalaman audio premium, notebook Xiaomi memiliki dua speaker 3W dengan Dolby Atmos dan Hi-Res Audio integration.

Untuk rincian tentang ketersediaan Laptop Gaming Mi di pasar Indonesia selain China belum diumumkan. Dengan mempertimbangkan spesifikasi dan fitur utamanya, penawaran terbaru oleh Xiaomi tampaknya akan sulit mengambil keputusan untuk membeli laptop dari beberapa laptop gaming premium lainya seperti Asus, Acer, HP, dan Razer.

Selain laptop gaming, Xiaomi pun memperkenalkan speaker pintarnya, Mi AI Speaker mini. Serupa dengan Echo mirip Amazon, Mi AI Speaker mini juga bisa dipakai untuk mendengarkan music streaming, menginformasikan cuaca, atau agenda, yang dijual seharga 169 yuan (sekitar Rp 2,3 juta).