Cara Belajar Bermain Gitar Sendiri

Sekilas Informasi Dasar Belajar Bermain Gitar

43
Bermain Gitar

Menikmati waktu sambil bermain gitar dan bersenandung pastinya bisa menjadi hal yang menyenangkan. Selain itu, seseorang yang pandai memainkan alat musik seperti gitar juga terlihat lebih keren. Namun demikian, untuk bisa terlihat keren ternyata juga bukan datang tiba-tiba. Bahkan, tak sedikit orang yang menghabiskan banyak uang untuk ikut kursus musik guna bisa bermain gitar tersebut. Bila Anda pun tertarik untuk belajar bermain gitar namun tak memiliki budget khusus untuk ikut kursus musik, memilih belajar sendiri pun bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Bagaimanapun yang paling diperlukan untuk bisa mahir bermain gitar adalah telaten dan tekun belajar. Berikut ini adalah cara belajar gitar sendiri beserta tipsnya yang mungkin bisa Anda coba nantinya.

Sekilas Informasi Dasar Belajar Bermain Gitar

Sebelum Anda berlatih bermain gitar, Anda sebaiknya mengetahui bagaimana poisisi bermain serta cara memegang gitar yang benar serta paling nyaman untuk Anda. Pada awal latihan memegang gitar, Anda mungkin akan merasa bagian bahu serta punggung terasa sakit namun demikian hal ini nantinya akan membuat Anda terbiasa. Selanjutnya, Anda sebaiknya tak lupa untuk juga belajar cara menyetel senar pada gitar. Anda sebaiknya memahami bahwa tidak semua gitar bisa langsung menghasilkan suara yang merdu sehingga perlu disetel terlebih dahulu. Belajar tentang tuning pada gitar ini penting untuk membuat telinga menjadi lebih terbiasa mendengar nada yang tepat. Bila Anda masih sangat awal belajar tentang bermain gitar, tak ada salahnya bila Anda meminta bantuan kepada teman yang lebih berpengalaman tentang tuning gitar untuk membantu menyetel gitar tersebut. Usahakan Anda hanya meminta bantuan sekali saja dan memperhatikannya dengan seksama sehingga Anda bisa mengetahui cara belajar gitar sendiri nantinya.

Setelah semuanya siap, Anda bisa mulai belajar tentang memetik senar gitar. Dalam hal ini, Anda bisa mempelajari tentang kunci-kunci dasar dalam gitar dan cobalah untuk memainkannya secara tepat. Anda bisa berlatih memainkan kunci-kunci dasar tersebut secara intensif sehingga jari-jari Anda pun bisa lebih terbiasa dan menjadi semakin lihai. Setelah Anda merasa semakin lihai dengan permainan kunci dasar tersebut, Anda bisa mencoba memainkan lagu dengan kunci dasar yang mudah. Bila Anda sudah merasa lebih mahir memainkan lagu tersebut, tak ada salahnya bila Anda memperdengarkan pada teman Anda dan meminta pendapatnya tentang permainan gitar Anda secara jujur untuk membantu Anda mengetahui kekurangan permainan Anda. Dengan demikian, Anda akan menemukan sendiri cara belajar bermain gitar sendiri yang akan membuat Anda lebih nyaman.