7 Kuliner Terkenal Singkawang yang Wajib di Cicipi

13
Bakso Sapi 68

Singkawang merupakan sebuah kota madya di Kalimantan Barat, Indonesia. Di kelilingi oleh pegunungan Pasi, Poteng dan Sakok. Singkawang terkenal dengan destinasi wisata nya, seperti pantai, kebun binatang, dan wisata alam lainya. Tak hanya memiliki destinasi wisata alamnya yang terkenal , Singkawang juga terkenal dengan wisata kuliner nya loh! Berikut kami berikan refrensi 7 Kuliner Terkenal Singkawang yang Wajib di Cicipi.

  1. Bubur gunting/ Tauswan

Tau Swan

Bubur gunting bukan berarti bubur dan gunting ya melainkan bubur yang mengandung biji kacang hijau yang dikupas dan direndam dalam kuah kental yang manis besertakan potongan cakwe yang dipotong menggunakan gunting. Sehingga dinamakan lah dengan nama bubur gunting.

  1. Mie Kering Haji Aman

Mie Kering Haji Aman

Kuliner lezat satu ini terletak di jalan Ahmad Yani, Sedau Singkawang selatan, tempat makan yang buka dari pukul 8 pagi hingga 9 malam ini memang mempunyai menu  berupa bakmi kering yang diberi toping daging sapi empuk, tahu bakso serta irisan telur yang digoreng tipis. Harga bakmi ini di bandrol dengan harga mulai 15.000 dan tersedia pula tanpa kaldu ataupun berkaldu sehingga yang tidak suka dengan bakmi kering juga tetap bisa makan disini.

  1. Mi tiaw Asu

Mie Tiaw Asu

Nama kedai ini berasal dari kata “asuk” atau paman dalam bahasa singkawang dan terletak dijalan Yos Sudarso.  Paman pemilik kedai ini menjamin bahwa mi tiaw yang ia jual tidak dari daging anjing atau babi, ia menjamin 100% mie tiawnya halal.

Mi tiaw yang berbentuk pipih diracik dengan bumbu khusus di campur dengan telur, tauge dan daun cangkok manis membuat cita rasa mi tiaw ini enak dan mempunyai ciri khas tersendiri.

4. Rujak Thai Pui ji

Rujak Thai Pui Ji

Disingkawang terdapat rujak buah yang cukup terkenal yaitu rujak Thai Pui Ji berlokasi dijalan Muslimin Ismail No 8. Rujak ini mempunyai cita rasa yang nyentrik dan gurih karena rujak diberikan toping udang ebi yang dihaluskan dan ditabur diatas potongan buah. Selain rujak ebi disini juga terdapat menu rujak buah biasa.

  1. Choi Pan

Choi Pan

Disingkawang terdapat kedai choi pan yang cukup terkenal dan legendaris milik keluarga Tjhia yang terletak dijalan Budi Utomo Nomor 38. Choi pan disini dijamin 100% halal. Choi pan dikedai ini terdapat berbagai macam isian, ada bengkuang, keladi dll.

  1. Bakso sapi 68

Bakso Sapi 68

Bagi pecinta bakso kalian wajib banget ngunjungin tempat ini, kedai ini cukup terkenal disingkawang terletak dijalan dipenogoro nomor 68 selain rasanya yang enak dan gurih, tempat ini juga selalu penuh.  Menu bakso disini sangat bervarian dan dibandrol mulai 16.000 rupiah.

  1. Bubur Pekong/ Bubur Sapi

Bbur Sapi Pekong

Bubur sapi ini sama seperti bubur lainya terdapat toping teri, irisan daging sapi dan kuah kaldu ditambah lagi dengan taburan emping membuat bubur sapi ini sangat enak. Bubur pekong merupakan salah satu bubur sapi yang terkenal di Singkawang.