6 Hal yang Harus di Persiapkan Jika Ingin Masuk Akpol

20
6 hal yang harus di persiapkan Jika Ingin Masuk Akpol

Menjadi siswa Akademi Kepolisian (Akpol) tidak susah. Pada ulasan ini kami akan memberikan 6 hal yang harus di persiapkan Jika Ingin Masuk Akpol. Kamu harus mempersiapkan diri sejak duduk dibangku SMA bahkan sebaiknya ketika awal masuk SMA kamu sudah mulai mempersiapkan diri, dengan begitu kamu akan lebih mudah melalui proses untuk masuk Akpol dikemudian hari.  Ass SDM Kapolri Irjen Arief Sulityanto mengungkapkan “Minimal satu tahun, sebelum ikut tes Akpol sudah dipersiapkan,” dalam keterangannya saat mengawasi tes Akpol di Semarang, Jawa Tengah. Arief menjamin bahwa di era yang serba transparan ini proses seleksi Akpol dapat berjalan secara bersih. “Semua memiliki hak yang sama masuk Akpol, anak jenderal atau yang lainnya,” ungkap Arief. Pada ulasan kali ini, kami akan memberikan 6 hal yang harus dipersiapkan Jika Ingin Masuk Akpol.

Berikut 6 hal yang harus dipersiapkan Jika Ingin Masuk Akpol

Akpol

  1. Persiapkan Nilai Akademik di Sekolah

Sejak duduk dibangku sekolah kamu dituntut untuk mendapatkan nilai akademik yang baik sehingga nanti mempunyai nilai tambah tersendiri ketika tes akpol di ikuti.

  1. Persiapkan Fisik, Latihan Fisik Sebaik Mungkin

Untuk mengikuti tes Akpol, mempunyai fisik yang kuat merupakan hal yang sangat di perlukan, kamu dituntut untuk rajin berolahraga sembari menjaga kesehatan, karena tes fisik yang akan di ikuti nantinya akan banyak sekali menguras tenaga dan fisik kalianakan di uji pada tes ini. Akan terdapat tes lari, push up, pull up, renang dan lain sebagainya.

  1. Persiapkan diri hadapi tes Psikologi/ Psikotest

Pada test ini kepribadian kamu akan di lihat, bagaimana kamu memecahkan masalah dan menghadapi masalah, Cara memimpin,kerja sama dll. Akan dinilai dan dilhat pada test ini.

  1. Persiapkan Diri Menghadapi Test Kesehatan

    tes kesehatan

Pada tahap ini kesehatan kamu akan di test, seberapa sehat dan kuat kamu untuk menjalani pendidikan Akpol jikalau nanti lolos, kamu akan dilihat apakah kamu ada mengidap suatu penyakit serius atau tidak,mempunyai mata minus atau tidak, apakah mengalami buta warna atau tidak, mempunyai penyakit jantung, kaki bengkok atau pun ambeien. Kesehatan kamu akan ketahauan pada test ini.

  1. Integritas

Integritas disini berarti kamu jangan sekali-sekali mencoba untuk KKN, melakukan penyuapan kepada oknum kepolisian agar dapat lolos. Semua panitia seleksi, orang tua dan siswa akan disumpah untuk berlaku jujur. Jangan sekali-sekali bermain curang jika kamu tidak ingin di blacklist atau dicoret. Berlakulah jujur, berdoa dan berusaha semaksimal mungkin, percaya kalau usaha tidak akan mengkhianati hasil.

  1. Persiapkan Berkas

Hal wajib yang harus dipersiapkan jika ingin masuk Akpol adalah berkas. Lengkapi persayaratan dan berkas yang telah ditetapkan oleh kepolisian, cermati dan jangan sampai ada yang terlupa, perhatikan syarat dan ketentuan dengan telti dan benar.

Nah, demikian 6 hal yang harus dipersiapkan Jika Ingin Masuk Akpol, Mudah kan? Selamat mencoba, semoga lulus!